Yuk Ngabuburit Dengan Aktifitas Seru Bersama Si Kecil

Source: https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Terus Update – Senangnya si kecil memiliki tumbuh kembang anak yang sehat. Dan di bulan Ramadhan ini, si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan ramadhan dan ikutan puasa. Berpuasa tanpa banyak kegiatan memang gampang mengingatkan kita akan lapar dan dahaga. Apalagi kalau sudah sore-sore hari menjelang buka puasa yang kita lebih sering kenal dengan istilah ngabuburit.

Ngabuburit itu bisa diisi dengan banyak aktifitas. Bunda bisa mengajak si kecil jalan-jalan di taman, berkumpul dan bermain dengan tetangga dan masih banyak lagi. Dibanding si kecil menanyakan “kapan buka puasa ma?” karena gak sabar menunggu waktu berbuka, mari kita alihkan fokusnya. Yuk mari simak aktifitas-aktifitas yang bisa bunda lakukan bersama si kecil.

  1. Mendengarkan cerita tentang puasa

Tahukah bunda kalau tradisi berpuasa yang dilakukan oleh masyarakat baik yang di Indonesia ataupun luar negeri bisa berbeda? Contoh saja ya. Di Jawa, ada tradisi Kenduri di mana masyarakat akan berbuka puasa bersama di surau dengan menyiapkan berbagai makanan. Ada pula tradisi lain yang membagikan kue apem untuk dibagikan ke keluarga dan tetangga sebagai simbol permintaa maaf.

Di Mesir, ada Musaharti, orang yang berprofesi membangunkan sahur. Lalu di kairo ada dentum 4 meriam dari Benteng Saladin yang menandakan waktu berbuka puasa. Wah, banyak sekali kan cerita tradisi puasa dari berbagai belahan bumi. Bunda bisa mencari tahu dan membagikan pada si kecil. Anak cerdas mana yang tidak suka mendengarkan cerita.

  1. Beraktifitas dengan children activity book

Saat ini banyak sekali buku-buku aktifitas yang bisa bunda berikan kepada si kecil dengan tema Ramadhan dan lebaran. Contoh Ma’ruf Book Story. Buku ini adalah buku cerita dan mewarnai anak sholeh. Selain itu ada juga buku Allah to Z Activity Book.

Buku-buku ini melatih keterampilan si kecil mewarnai, menyelesaikan teka-teki, menghubungkan titik-titik, berhitung dan masih banyak lagi. Si kecil pun bisa lebih banyak belajar agama dan huruf Arab. Buku-buku begini juga banyak ditemukan di internet loh. Jadi kalau bunda tidak sempat ke toko buku, bunda bisa mengunduhnya dan print buat si kecil.

  1. Melakukan kegiatan DIY

Saat ini bunda bisa menemukan aktifitas DIY – Do It Yourself di internet. Bunda bisa mengajarkan si kecil memangang kue lebaran bersama, membuat pernak-pernik lebaran dan bahkan membuat mainan sendiri. Bahan-bahannya juga mudah didapat loh. Beberapa malah sudah tersedia di dapur. Misalkan untuk membuat play dough, bunda cukup memerlukan tepung, minyak, air dan pewarna makanan. Bunda juga bisa membuat slime dengan bahan tepung jagung, air, cream of tartar. Pokoknya di internet banyak sekali deh, yuk berkreasi bersama si kecil sambil menunggu waktu berbuka.

  1. Memainkan aplikasi di smart phone

Saat ini bunda bisa menemukan aplikasi edukasi di smart phone bunda. Bunda bisa menemukan aplikasi yang mengajarkan anak berbahasa Arab, cerita-cerita nabi atau kumpulan lagu-lagu bahasa Arab. Smart phone bisa sangat bermanfaat banget ya, cuman pastikan si kecil diberikan jatah waktu mainnya karena smart phone bisa membuat anak sulit berkonsentrasi.

  1. Mengaji

Mengaji sangat baik bagi anak usia dini sehingga dia menjadi pribadi yang lebih mengenal Islam lebih dalam lagi. Karena huruf vokalnya yang agak berbeda, sangat dianjurkan si kecil untuk mempelajarinya sedini mungkin karena kemampuan penyerapan.

Sekian aktifitas-aktifitas yang bisa dilakukan si kecil pada saat ngabuburit dan tentunya sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Selamat bersenang-senang yang mendidik ya bunda.

 

1 Comment on "Yuk Ngabuburit Dengan Aktifitas Seru Bersama Si Kecil"

  1. Yuk Ngabuburit Dengan Aktifitas Seru Bersama Si Kecil | Terusupdate.com
    [url=http://www.gfa7jm2qs3f0143y3290wjc2j702uem2s.org/]ufsebyjrk[/url]
    fsebyjrk http://www.gfa7jm2qs3f0143y3290wjc2j702uem2s.org/
    afsebyjrk

Leave a comment

Your email address will not be published.


*