Tips Proses Persalinan: Siapa Pendamping Anda saat Persalinan?

Tips Proses PersalinanSumber: express.co.uk

Ya, sepertinya sebentar lagi sudah mau ada yang jadi calon Bunda nih? Pasti setiap Bunda akan merasa bangga dan senang mengetahui bahwa dirinya akan segera memiliki momongan. Namun, hal ini pasti nggak akan bisa terlepas dari proses persalinan nantinya nih, Bun. Oleh karena itu, di artikel ini akan membagikan beberapa tips proses persalinan yang dapat Bunda lakukan.

Memang, sebagai Bunda baru, akan menjadi hal yang cukup menakutkan melewati masa-masa ini. Detik-detik melihat si Kecil sudah muncul ke dunia ini tentu akan menjadi hal yang tak terlupakan nantinya. Jadi, penting banget Bun untuk mempersiapkan semuanya dengan baik, agar pada waktunya nanti tidak kebingungan.

Lalu, apa saja persiapannya? Berikut informasinya ya Bun, silahkan disimak dan dilakukan dengan baik.

  • Mempersiapkan Tempat Persalinan

Hal paling penting adalah dengan menentukan dimana proses melahirkan akan berlangsung. Sebenarnya hal ini seharusnya sudah ditentukan beberapa bulan sebelum proses persalinan itu sendiri sih, tapi kalau Bunda belum melakukannya sebaiknya lakukan sekarang ya.

Bunda bisa menentukan mau di Rumah Sakit atau ke tempat Bidan. Tentu rumah sakit menjadi tempat terbaik, selain tempat yang terjamin, pelayanannya juga sangat baik kan, Bun?

  • Pilih Dokter yang membantu mempersiapkan kelahiran

Kedua, setelah menentukan tempat proses persalinan, maka menentukan siapa yang membantu persalinan juga harus Bun. Bunda bisa memilih dokter kandungan yang sudah memiliki cukup pengalaman di bidangnya ya. Karena Bunda pasti nggak mau kecewa dengan pelayanannya nantinya kan?

Oh iya, dengan memilih siapa dokter yang akan membantu Bunda nantinya, Bunda juga dapat melakukan konsultasi mengenai kandungan Bunda ke dokter tersebut lho. Bunda bisa tanyakan apa saja kepadanya, entah itu kondisi kesehatan si Kecil, kondisi Bunda sendiri, nutrisi yang diperlukan atau yang lain. Bunda seharusnya berkonsultasi juga ya mengenai proses persalinan apa yang mau dipilih, apakah normal atau yang cesar. Tentukan sesuai kemampuan Bunda saja ya.

  • Membawa perlengkapan untuk persalinan

Nah, untuk persiapan ketiga ini biasanya dilakukan beberapa minggu atau satu bulan sebelum prediksi proses kelahiran. Biasanya Bunda akan diberi anjuran untuk menginap di rumah sakit sebelum proses persalinan. Tentu dalam waktu ini ada beberapa hal yang harus Bunda siapkan bukan?

Yang paling penting adalah baju ganti Bunda, bawa saja yang biasa Bunda pakai selama hamil, misalnya daster atau baju terusan untuk ibu hamil. Dan pastikan tidak membawa baju yang terlalu ketat ya. Perlengkapan mandi juga harus Bunda persiapkan untuk membersihkan diri disana, kecuali apabila memang sudah dipersiapkan pihak rumah sakitnya.

Oh ya Bun, yang terakhir adalah dengan membawa perlengkapan si Kecil, mulai dari perlengkapan mandinya, hingga pakaiannya ya Bun. Kosmetik juga menjadi hal yang wajib untuk dibawa, mulai dari sabun, bedak, hingga baby oil.

  • Pendamping selama Persalinan

Tips proses persalinan yang terakhir adalah dengan menentukan siapa pendamping Bunda selama melahirkan. Menurut Bunda, siapa yang pantas untuk menemani Bunda? Tentu sang Ayah dari si Kecil yang paling pantas untuk menemani Bunda kan?. Pastikan sang Ayah selalu setiap saat menemani Bunda dan hadir untuk menyelesaikan kendala yang Bunda alami. Tentu, dengan hadirnya ayah akan menambah ketenangan saat proses melahirkan. Nggak percaya? Coba lakukan deh Bun.

Nah, tips proses persalinan diatas mudah-mudahan dapat membantu Bunda yang ingin melakukan proses persalinan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Bunda ya.

Be the first to comment on "Tips Proses Persalinan: Siapa Pendamping Anda saat Persalinan?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*