Tips Merawat Luka Jahit Persalinan

luka jahit persalinanSumber: Essential Baby

Pasca melahirkan secara normal, bunda pasti akan merasakan sakit pada bagian jalan lahir si kecil. Terlebih bila bayi bunda berukuran sangat besar, rasa sakitnya pasti tidak terelakan. Bahkan jika bayi bunda hanya memiliki berat enam pon saja, bunda tetap akan merasakan rasa sakit untuk sementara waktu.

Jika bunda mengalami episiotomi atau bahkan hanya mendapatkan sedikit sobekan, dokter akan memberikan beberapa jahitan untuk membantu bunda menyembuhkannya. Luka jahit persalinan itu akan terasa sakit setelah beberapa hari, dan akan mulai terasa gatal apabila sudah mengering. Hal itu normal dan bunda tidak perlu khawatir, selama bunda merawat bekas jahitan persalinan dengan baik.

Berikut beberapa tips merawat jahitan pasca persalinan yang perlu bunda ketahui agar luka itu sembuh dengan baik dan tidak menimbulkan infeksi.

  • Sangat penting untuk menjaga luka jahitan agar tetap bersih pasca persalinan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terkena infeksi pada area tersebut. Cuci tangan bunda sesudah dan sebelum menganti pembalut. Ganti pula pembalut secara berkala atau sesering mungkin. Begitu juga dengan celana dalam, usahakan menggunakan yang dapat menyerap keringat.
  • Kapan saja bunda ke toilet, jangan lupa membawa secangkir air hangat atau air suam-suam kuku yang telah ditambahkan sedikit antiseptik yang direkomendasikan dokter. Tuang secara perlahan di atas jahitan setelah selesai keperluan bunda di toilet. Kemudian keringkan dengan kain atau tisu bersih sampai benar-benar kering.
  • Satu atau dua kali sehari, bunda perlu merendam bekas jahitan di bak air hangat yang sudah ditambahkan dengan antiseptik. Tujuan pemberian air hangat ini adalah untuk memberikan efek menenangkan pada bekas jahitan, sehingga dapat meredakan pembengkakan. Sedangkan pemberian antiseptik bertujuan untuk membantu menjaga agar luka jahitan tidak terkena kuman dan terinfeksi. Pastikan bunda mengeringkan setelahnya.
  • Mandilah sehari dua kali secara rutin dengan menggunakan air hangat supaya jahitan bunda tetap bersih. Air hangat ini akan meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.
  • Pasca melahirkan bunda harus melakukan latihan dasar untuk panggul atau senam kegel. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke daerah bekas jahitan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Bunda bisa melakukan empat set latihan selama satu hari, usahakan tidak melakukannya secara bersamaan dan berlebihan. Berilah waktu istirahat setelahnya.
  • Bunda harus menghindari aktivitas berlebihan agar luka jahitan cepat kering dan tidak robek kembali karena ketegangan. Bunda bisa terus bergerak untuk melakukan kegiatan ringan dan mengurus bayi bunda. Hanya saja bunda tetap harus mengimbanginya dengan banyak beristirahat.
  • Konsumsilah banyak makanan yang mengandung protein, untuk membantu mempercepat menyembuhkan luka jahitan.
  • Vitamin C dan B kompleks juga sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh bunda agar tidak mudah sakit dan terkena infeksi.
  • Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat agar mempelancar buang air besar, karena jika bunda susah buang air besar kemungkinan besar bunda akan mengejan saat buang air besar. Dan jika bunda melakukan hal tersebut bekas jahitan akan lama untuk kering dan sembuh.
  • Ambillah posisi duduk yang nyaman saat merawat si kecil atau sedang bersantai. Jangan ambil posisi jongkok karena dapat menyebabkan bekas jahitan robek kembali.
  • Jika memungkinkan gunakanlah WC duduk. Karena jika menggunakan WC jongkok dapat menyebabkan ketegangan dan rasa sakit pada daerah bekas jahitan.

Untuk mengurangi rasa sakit pda luka jahit persalinan, bunda juga bisa menggunakan es yang dibungkus dengan kain bersih dan tempelkan pada bekas jahitan. Dan segera keringkan setelahnya.

Be the first to comment on "Tips Merawat Luka Jahit Persalinan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*