Tips dan Cara Menyapih Anak berusia di atas 2 Tahun

Tips dan Cara Menyapih Anak berusia di atas 2 TahunSource: nikitagrid.com

Terusupdate.com – Banyak ibu yang setelah melahirkan atau sedang dalam menyusui, memilih untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan demi untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Mungkin ibu juga sangat merindukan ikut serta untuk menjalan amal ibadah ini, yang hanya datang setahun sekali selama sebulan. Namun kendala masih menyusui menjadikan ibu menahan diri untuk mengikuti ibadah ini. jika usia anak ibu sudah lewat dari dua tahun, ada baiknya untuk menghentikan memberi ASI kepada buah hati. Cara menyapih anak yang memang tidak mudah bagi kedua belah pihak jika tidak memiliki tekad, menyebabkan pemeberian Asi masih saja berlanjut hingga melewati batas usia yang dianjurkan.

Cara menyapih anak berusia di atas 2 tahun tidak bisa dengan cara menghentikannya begitu saja, namun ada pendekatan tersendiri yang harus ibu lakukan. Berikut ini, ada tips yang bisa menjadi rujukan ibu untuk menghentikan pemberian ASI pada anak.

Komunikasi

Lakukanlah komunikasi yang baik pada anak alasan mengapa dia sudah tidak bisa menyusu lagi pada Ibu. Walaupun akan terjadi penolakan pada awalnya, namun ibu wajib berusaha terus menerus agar hal ini bisa diwujudkan. Berikan pengertian terus menerus dan juga dapat memberikan contoh terhadap anak lain yang juga seusia dengannya yang sudah tidak lagi mendapatkan ASI

Ubah kebiasaan makan

Ibu pasti sangat paham waktu dan kebiasaan makannya setiap hari. Sebelum dia mengeluhkan lapar dan mencari ibu untuk menyusu, sebaiknya ibu sudah menyiapkan dan memberikan makanan padat yang bergizi untuknya. Hal ini demi menghilangkan lapar yang akan dirasakannya pada jam biasa makan. Pilihlah makanan yang dia sukai  dan dapat membuatnya kenyang lebih lama.

Ubah cara menggendong anak

Saat ibu menggendong anak untuk menyusui, biasanya ada ciri khas tersendiri yang sangat dihapal anak dan terekam dalam ingatannya. Ada baiknya cara itu dirubah jikapun anak sedang merengek minta digendong dan dimanja oleh ibu. Lakukan cara yang berbeda dan baru dalam menggendongnya. Sehingga anak akan mudah melewati fase penyapihan ini.

Lakukan berbagai hal agar dia lupa

Banyak hal yang bisa lakukan untuk membuat anak lupa meminta ASI. Misalkan dengan cara memberikan dia makanan yang dia sukai, mengajaknya bermain bersama ataupun membiarkan dia bermain dengan anak sebayanya, mengajak jalan-jalan, bernyanyi dan menari, mengajarkan menggambar, dan masih banyak hal lain. Jangan lupa mengajak ayah mengambil peranan dalam hal ini, karena jika dirasa susah, biarkan ayah yang berlama-lama bermain atau bersamanya untuk membuatnya lupa meminta ASI pada ibu.

Mengubah kebiasaan tidur

Kebanyakan anak sebelum tidur, biasanya akan minum ASI terlebih dahulu. Sebaiknya kebiasaan menidurkan seperti ini sudah tidak dilakukan lagi. Ibu harus merubah cara untuk membuatnya tidur. Bisa dengan membacakan dongeng, bernyanyi ataupun mengajaknya bermain terlebih dahulu. Lakukan kegiatan yang membuatnya mudah tidur namun dapat melupakan meminta ASI. Bisa juga ibu membiarkannya tidur di tempat berbeda selama hal itu membuatnya nyaman

Ajarkan anak minum dari gelas

Mengajarkan anak untuk minum dari gelas akan sangat membantu ibu untuk melakukan penyapihan. Jika dia mulai merasa lapar, berikan gelas yang memang diperuntukan untuknya. Minumlah bersama-sama dengannya dengan gelas masing-masing, sehingga ini bisa jadi pengajaran yang efektif karena dilakukan dengan mencontohkannya langsung.

Proses dan cara menyapih anak untuk setiap orang berbeda-beda. Tidak perlu berkaca dan memikirkan pengalaman orang lain saat melakukan proses ini. Pikirkanlah kenyamanan ibu dan juga anak, agar tidak timbul proses penyapihan yang membuat ibu stress dan anak menderita. Semoga bermanfaat

Be the first to comment on "Tips dan Cara Menyapih Anak berusia di atas 2 Tahun"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*