Temukan Kebutuhan Nutrisi Saat Hamil Yang Perlu Dipenuhi

nutrisi ibu hamilSumber: stillanewspaperman

Ketika menjalani kehamilan, selain menjaga kesehatan, memenuhi asupan nutrisi yang seimbang adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan Ibu. Sebab pada masa ini, Ibu tidak lagi makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sendiri melainkan untuk kebutuhan sang calon bayi juga. Sebagian besar Ibu hamil justru kurang memahami pentingnya nutrisi untuk kesehatan janin dan dirinya sendiri. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor di antaranya kurangnya kesadaran dan kepedulian dan sosialisasi yang cukup kepada para ibu muda dan calon ibu. Sehingga diperlukan edukasi dan sosialisasi agar ibu paham mengenai pentingnya nutrisi.

Apa itu nutrisi? Mengapa ibu hamil memerlukan nutrisi seimbang?

Nutrisi adalah zat yang dibutuhkan manusia agar bisa melakukan pembentukan energi, membantu pertumbuhan sel-sel baru hingga memenuhi kebutuhan organ-organ tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Nutrisi dibutuhkan manusia agar dapat melakukan aktivitas harian dan menjaga tubuh tetap sehat.

Nutrisi pada ibu hamil sendiri dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan sang janin mulai dari plasenta, pembentukan organ-organ tubuh, pembentukan tulang dan gigi hingga penyempurnaan kulit. Nutrisi juga diperlukan sebagai persiapan Ibu untuk menghadapi kelahiran dan proses menyusui.

Terdapat dua faktor penting yang menjadi penentu berat badan bayi saat lahir, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan berkontribusi lebih besar dibandingkan dengan faktor genetik. Faktor lingkungan sangat dipengaruhi oleh nutrisi yaitu kebutuhan zat gizi mikro yang Ibu dapatkan selama masa kehamilan. Berikut ini 6 jenis asupan nutrisi yang perlu ibu penuhi :

  1. Kalori

Ketika hamil, asupan kalori Ibu harus diperhatikan dan bertambah jumlahnya. Kalori didapat dari berbagai sumber karbohidrat selain nasi seperti umbi-umbian, sereal yang berasal dari gandum dan lainnya.

  1. Lemak

Kebutuhan lemak Ibu selain untuk perkembangan janin juga untuk mendukung persiapan Ibu menyusui setelah melahirkan nanti.

  1. Kalsium

Seperti yang kita ketahui, pemenuhan kebutuhan kalsium sangat penting untuk perkembangan gigi dan tulang janin. Jika kebutuhan akan kalsium tidak terpenuhi dari asupan harian, maka janin akan mengambil kalsium dari tulang Ibu. Hal inilah yang menimbulkan resiko osteoporosis pada wanita. Oleh sebab itu, Ibu juga harus lebih memperhatikan kebutuhan kalsium, ya. Kalsium bisa didapat dari susu dan produk olahan susu lainnya. Selain itu, sumber kalsium yang baik juga bisa ditemukan dari ikan, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

  1. Protein

Kebutuhan akan protein pada ibu hamil menjadi lebih tinggi dibanding  sebelumnya. Hal ini dikarenakan protein dibutuhkan Ibu untuk membentuk jaringan baru, plasenta hingga memproduksi sel darah merah bagi Ibu dan bayi.

  1. Vitamin A

Kebutuhan vitamin A pada ibu hamil harus seimbang dan tidak berlebih. Vitamin A sangat dibutuhkan untuk sistem imunitas, perkembangan janin hingga pemeliharaan fungsi mata pada janin.

  1. Vitamin C

Selain asupan zat besi, Ibu juga perlu memenuhi asupan vitamin c. Karena vitamin c selain berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan organ, juga dapat membantu penyerapan zat besi. Sehingga jika Ibu mengonsumsi zat diimbangi vitamin c yang banyak didapat dari buah-buahan, hasil yang diperoleh tubuh akan lebih maksimal.

Konsumsi nutrisi pada ibu hamil dibutuhkan dari awal kehamilan hingga trimester akhir. Diharapkan agar setelah proses persalinan, Ibu sehat dan bayi lahir dengan berat badan yang ideal. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi bahkan sejak awal mempersiapkan kehamilan. Selain itu dibutuhkan juga dukungan dan perhatian dari Ayah juga orang-orang terdekat untuk memastikan agar Ibu dan calon jabang bayi selalu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Be the first to comment on "Temukan Kebutuhan Nutrisi Saat Hamil Yang Perlu Dipenuhi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*