Selfie Untuk Deteksi Kanker Pankreas

aplikasi-kesehatan

aplikasi-kesehatan

TerusUpdate.com – Para ilmuwan sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang memungkinkan orang – orang untuk melakukan scanning penyakit kanker pankreas dengan cara mengambil foto selfie.

BiliScreen menggunakan kamera smartphone, yang digabung dengan algoritma visi komputer, dan pembelajaran mesin untuk mendeteksi kanker pankreas dan penyakit lainnya.

Program ini berjalan dengan cara mencari peningkatan yang terjadi di dalam kadar bilirubin pada bagian putih mata seseorang.

Bilirubin pada manusia diproduksi saat hati memecah sel darah merah. Senyawa berwarna kuning kecoklatan ini kemudian akan dikeluarkan dari tubuh melalui tinja.

aplikasi-biliscreen

Bila kadar bilirubin tinggi, kulit dan area putih pada mata akan tampak seperti kuning dan kuning ini merupakan salah satu gejala awal kanker pankreas. Mampu melihat dan mendeteksi tanda-tanda tersebut sebelum terjadi bisa membantu menyelamatkan banyak nyawa.

“Masalah dengan kanker pankreas adalah bahwa pada saat Anda sudah muncul tanda – tandanya, sering kali momennya sudah terlambat,” kata Alex Mariakakis, seorang mahasiswa doktoral di Universitas Paul G. Allen School of Computer Science & Engineering, dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah studi klinis yang dilakukan pada 70 orang, aplikasi BiliScreen dapat dengan benar mengidentifikasi 89,7 persen kasus yang terjadi dari waktu ke waktu. BiliScreen memungkinkan seseorang dengan ponsel cerdas menilai dirinya sendiri tanpa perlu melakukan tes darah dari dokter yang hanya akan diberikan kepada orang jika benar-benar diperlukan.

“Harapannya adalah agar orang – orang bisa melakukan tes sederhana ini sekali dalam sebulan di rumah mereka sendiri agar mampu mendeteksi penyakit ini sedini mungkin agar dapat menjalani perawatan yang bisa menyelamatkan hidup mereka,” kata Mariakakis.

Aplikasi ini juga bisa meringankan beban pasien kanker pankreas yang selalu membutuhkan pemantauan bilirubin mereka.

aplikasi-medis-kedokteran

BiliScreen menggunakan kamera built-in dan flash untuk menangkap gambar mata seseorang. Sistem penglihatan komputer kemudian mengisolasi bagian-bagian putih dari mata dan menghitung informasi warna dari sklera (lapisan luar putih bola mata).

Program ini saat ini membutuhkan penggunaan aksesori smartphone yakni sepasang kacamata kertas yang dicetak dengan kotak berwarna untuk membantu mengkalibrasi warna.

Para ilmuwan yang meriset BiliScreen akan mempresentasikan temuan mereka ini di konferensi Ubicomp 2017, dan berharap dapat menciptakan aplikasi mobile yang benar-benar komprehensif dan sempurna.

Be the first to comment on "Selfie Untuk Deteksi Kanker Pankreas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*