Tahukah Anda Perkembangan Janin Usia 10 Minggu di Rahim Ibu?

Tumbuh Kembang JaninSumber: babycenter.com

Mengetahui buah hati tumbuh di dalam rahim Ibu, tentu saja merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi Ibu dan Ayah. Keturunan yang sangat ditunggu-tunggu akhirnya dititipkan juga di dalam kandungan Ibu.

Memasuki perkembangan janin usia 10 minggu, nampaknya belum ada perubahan yang terlihat dari fisik Ibu. Namun sebenarnya pinggul Ibu sudah mulai membesar, walau masih belum memerlukan perubahan size dalam pakaian Ibu. Rahim atau uterus juga akan mengalami perkembangan mengikuti pertumbuhan janin yang hadir dalam perut Ibu.

Selain itu, morning sickness atau rasa mual dan muntah dalam minggu ini akan mulai berkurang intensitasnya. Hanya saja, akan terjadi peningkatan rasa lelah yang Ibu rasakan, mungkin karena tubuh Ibu semakin menyesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan janin yang mulai membesar. Menjelang trisemester pertama ini juga, terjadi peningkatan estrogen dan progesteron, menyebabkan payudara Ibu mengalami pembesaran dan bisa disertai rasa nyeri.

Perubahan juga terjadi pada janin dalam kandungan Ibu. Pada perkembangan janin usia 10 minggu, ukuran janin rata-rata yang dimiliki ibu hamil biasa berkisar antara 3,1 cm sampai dengan 4 cm, dengan berat perkiraan sekitar 4-5 gram.

Kepala janin juga akan mengalami pertumbuhan, bahkan bentuknya terlihat lebih besar dari ukuran tubuh yang dimiliki oleh janin Ibu. Selain itu juga, rahang janin sudah mulai terbentuk. Bakal gigi juga sudah mulai terbentuk dan bertumbuh. Di bagian samping kepala, telinga sudah mulai tumbuh dan terbentuk di sisi kanan dan kiri. Bagian wajah, bibir atas janin sudah sudah mulai terbentuk juga, lubang hidung pun sudah dapat terlihat.

Pada minggu ke-10 perkembangan janin ini juga, jari-jari tangan dan kaki bayi yang minggu lalu masih dalam keadaan rapat dan terbungkus selaput, akan mulai terpisah. Kuku-kuku sudah mulai tumbuh dan menghiasi jemari janin Ibu. Rambut-rambut halus pun sudah mulai tampak dan tumbuh seiring waktu.

Setelah minggu ke delapan otak janin sudah mulai tumbuh dan terus mengalami perkembangan, pada perkembangan janin usia 10 minggu, otak janin sudah akan mulai berfungsi. Paru-paru, ginjal dan hati yang terbentuk di minggu-minggu sebelumnya, pada minggu ke-10 juga sudah akan menjalankan fungsinya.

Jantung janin yang telah terbentuk pembagiannya, yakni sudah terdapat bilik kiri dan bilik kanan, pada tahap ini berfungsi dengan memberikan detakan sebanyak 180 kali setiap menit. Detak jantung 2 sampai 3 kali lebih banyak dari pada detak jantung yang dimiliki oleh orang dewasa.

Garis tulang belakang janin pada minggu ini menjadi bagian yang sangat jelas terlihat. Saraf tulang belakang yang menjalar dari sum-sum tulang belakang juga terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Bagian ekor bayi yang membuat janin seperti kecebong, pada tahap kehamilan minggu ke-10 ini juga akan melepas dari janin yang kemudian akan menghilang.

Jika Ibu pergi ke dokter kandungan dan ingin melakukan USG untuk memeriksa perkembangan janin Ibu serta ingin mengetahui jenis kelamin buah hati Ibu, pada minggu ini Ibu sudah dapat memastikannya. Alat kelamin pada perkembangan janin usia 10 minggu, sudah mulai terbentuk dan dapat terdeteksi. Alat kelaminnya juga sudah mulai memproduksi hormon testosteron jika janin laki-laki, dan janin perempuan akan menghasilkan estrogen.

Demikian perkembangan janin yang terjadi selama minggu ke-10 kandungan Ibu. Pertumbuhan janin yang terus mengalami perkembangan yang pesat akan membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup dan seimbang, sehingga buah hati Ibu akan selalu sehat. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Serta tidak lupa, pada perkembangan janin usia 10 minggu ini, emosi Ibu sudah mulai berubah-ubah, belajarlah untuk mengontrolnya demi kestabilan calon bayi Ibu.

Be the first to comment on "Tahukah Anda Perkembangan Janin Usia 10 Minggu di Rahim Ibu?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*