Susu Anak 1 Tahun, Pendamping ASI Si Kecil untuk Bunda yang Berpuasa

susu anak 1 tahunSumber: Fimela

Sering kali para orang tua bertanya-tanya, ketika bayi mereka mulai menginjak usia dua belas bulan, apakah penting untuk menambahkan susu anak 1 tahun di samping ASI? Beberapa pendapat, mengemukakan bahwa selepas ulang tahun pertama anak, kebutuhan susu tambahan tidak terlalu penting. Karena asupan terpenting datang dari makanan dan ASI.

Namun, memberikan asupan tambahan susu anak 1 tahun juga bukan berarti tidak diperbolehkan. Menambahkan susu sapi di samping ASI setelah anak berusia satu tahun, tetap memiliki manfaat yang bagus, terlebih lagi jika Bunda sedang melaksanakan puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim, termasuk ibu hamil dan menyusui. Meski ada kelonggaran tertentu bagi ibu menyusui untuk tidak melaksanakan puasa, dengan menmbayar fidyah atau mengganti hutang puasa di lain hari. Untuk ibu menyusui masa ASI eksklusif, memang tidak disarankan untuk berpuasa dahulu. Mengingat, sumber makanan bayi masih mutlak berasal dari ASI. Namun, ketika anak sudah sedikit lebih dewasa atau sudah menginjak satu tahun usianya, tidak ada salahnya jika Bunda ingin ikut berpuasa.

Ada dua pendapat berkenaan ibu menyusui yang meninggalkan puasa ramadhan. Yang pertama, jika Bunda merasa khawatir akan kesehatan pribadi layaknya orang sakit, maka dapat mengganti hutang puasa sama dengan hutang puasanya orang yang sedang sakit. Yaitu, dengan berpuasa di lain hari sebanyak hari puasa yang Bunda tinggalkan. Lain halnya jika Bunda mengkhawatirkan kondisi anak yang masih menyusu, maka dianggap layaknya orang tua yang udzur. Sehingga mengganti hutang puasanya bisa selain dengan membayar puasa—setelah mampu—juga dengan membayar fidyah.

Yang kedua, adalah pendapat ketika ibu menyusui cukup membayar fidyah saja, tanpa membayar hutang puasa di lain hari. Ini merujuk pada pendapat bahwa ibu menyusui tidak sedang sakit, melainkan suatu kondisi yang membuatnya tidak bisa melaksanakan ibadah puasa.

Namun, Bunda tak perlu khawatir dengan perbedaan pendapat tersebut, yang akhirnya membuat Bunda ragu-ragu. Ada beberapa tips yang bisa memudahkan Bunda untuk tetap menyusui dengan nyaman, sambil tetap menjalankan ibadah puasa. Tentu saja syarat mutlak yang harus dipahami adalah, Bunda dan Ananda dalam keadaan sehat, dan anak sudah melewati usia 6 bulan.

  • Pola Makan dengan Gizi Seimbang

Dengan berpuasa, mungkin jadwal makan Bunda akan mengalami perubahan. Namun, bukan berarti Bunda melewatkan konsumsi gizi seimbang. Bunda tetap harus makan 3 kali sehari dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak. Gizi seimbang serta jadwal makan yang tetap teratur, akan memungkinkan Bunda tetap berenergi dan bugar, serta memiliki kualitas ASI yang tetap terjaga. Meskipun, selepas usia anak 1 tahun, jumlah produksi ASI mulai menurun.

  • Menjaga Cairan Tubuh.

Jaga selalu konsumsi air putih Bunda mulai dari berbuka hingga sahur. Usahakan dalam rentang waktu tersebut, Bunda sudah mengkonsumsi air minum sebanyak dua liter atau delapan gelas. Bisa berupa air putih, jus, maupun susu. Meminum susu saat sahur juga mencegah Bunda mengalami anemia, atau kurangnya kadar hemoglobin (Hb) di dalam darah.

  • Menjaga Waktu Istirahat

Bunda mungkin sering merasa lemas saat berpuasa dalam keadaan menyusui, itu adalah hal yang normal. Yang perlu Bunda lakukan adalah, menambah waktu istirahat serta mengurangi pekerjaan berat. Bunda bisa meminta bantuan suami di malam hari, agar Bunda bisa mendapatkan istirahat malam yang berkualitas. Usahakan untuk tidak tidur terlalu larut malam.

  • Tambahkan asupan Susu Anak 1 Tahun

Jika Bunda mendapati keraguan akan jumlah ASI saat berpuasa, tidak ada salahnya jika Bunda memberikan tambahan susu sapi kepada Ananda. Hanya saja, pastikan hal ini tidak merusak selera makan anak. Karena itu, cukup mengkonsumsi susu tambahan sebanyak 400-600 ml saja setiap harinya, agar Ananda tidak terlalu kenyang susu dibandingkan makanan padatnya. Pilih juga susu dengan kadar gula yang rendah (plain).

Selamat berpuasa, Bunda!

Be the first to comment on "Susu Anak 1 Tahun, Pendamping ASI Si Kecil untuk Bunda yang Berpuasa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*