Perkembangan Janin Usia 16 Minggu Yang Wajib Tahu

Perkembangan Janin Usia 16 MingguSumber: fitpregnancy

Selamat, kini kehamilan Ibu sudah masuk ke usia empat bulan atau 16 minggu. Perkembangan janin usia 16 minggu sudah sebesar buah alpukat. Perut Ibu pun sudah tampak sedikit membesar dibanding usia janin bulan sebelumnya. Ini berarti Ibu sudah masuk ke trimester kedua kehamilan, ya.

Perkembangan janin usia 16 minggu sangat cepat dan pesat. Bobotnya sudah mencapai lebih dari 100 gram dengan panjang sekitar 10-16 cm. Otot pada wajah pun sudah terbentuk walau belum dapat dikontrol dengan baik. Kepala janin sudah dapat ditegakkan, mata sudah berada dalam posisi yang seharusnya. Kandung kemih juga sudah berfungsi dan bekerja sepenuhnya.

Bila Ibu dan Ayah penasaran dengan wajah janin, maka pada hasil tes USG 4 dimensi akan terlihat wajah janin yang sudah terbentuk seperti manusia mungil yang lucu. Tak perlu berdebat wajahnya lebih mirip siapa, ya. Sering-seringlah ajak bicara bayi Ibu karena sistem saraf janin sudah berkembang dengan baik.

Organ lainnya yang mengalami pematangan dan pendewasaan pada perkembangan janin usia 16 minggu adalah bagian telinga luar yang sudah mulai mengeras. Janin bisa merespon suara-suara yang didengarnya dari luar. Pendengaran akan terus berkembang sampai usia janin 7 bulan. Ibu dan Ayah harap menjaga bahasa sehari-hari, agar janin hanya mendengar kalimat-kalimat yang baik saja. Perdengarkan kalimat dalam kitab suci, musik jazz, dan bacakan cerita kebajikan untuk si janin. Tumbuh kembang anak kelak sangat dipengaruhi dari mulai dalam kandungan. Gizi dan nutrisi bukan hanya berpusat hanya pada makanan sehat, tapi juga dari asupan untuk tumbuh kembang mental dan jiwanya.

Paru-paru janin usia 16 minggu sudah tumbuh sempurna. Janin ibu sudah mulai belajar bernafas. Jaringan kulit kepala pun mulai terbentuk. Rambut halus mulai tumbuh di kepalanya. Jantung janin bisa terlihat di layar monitor USG. Ibu juga bisa merasakannya langsung, lho. Rabalah perut Ibu, rasakan gerakan janin dan detak jantungnya. Nikmati setiap momen kebersamaan dengan janin dalam kandungan Ibu.

Mata pada perkembangan janin usia 16 minggu memang sudah berada pada posisi yang benar. Indera penglihatan belum berfungsi sempurna dan janin belum mampu melihat. Meski demikian, janin sudah mampu merespon dan sensitif terhadap sumber cahaya. Bila ada cahaya mengenai perut Ibu, maka janin akan menutup mata dengan tangan-tangan mungilnya. Di usia ini pula alis di atas mata janin sudah terbentuk.

Sistem pencernaan janin sudah menjalankan fungsinya. Janin bisa menelan air ketuban sebanyak 450-500 cc setiap hari. Organ hati sudah bisa membentuk darah, metabolisme hemoglobin dan bilirubin. Hati pada perkembangan janin usia 16 minggu sudah bisa mengubah bilirubin menjadi biliverdin, yang disalurkan ke usus janin sebagai sisa metabolisme dari tubuh janin.

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah rahim Ibu turut membesar, mengiringi perkembangan janin usia 16 minggu di dalamnya. Pengaruhnya pada keseimbangan tubuh yang terganggu. Untuk sementara Ibu sebaiknya menggunakan sepatu datar dibanding hak tinggi. Gangguan lainnya adalah susah tidur, ambillah posisi miring atau menyamping, agar pembuluh darah tidak mengalami tekanan dari rahim yang membesar. Posisi telentang membuat sulit bernafas dan menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terbatas.

Ibu wajib mewaspadai gejala gangguan apapun yang mungkin terjadi. Walaupun terkesan remeh, gatal-gatal yang berlebihan dan terus menerus bisa jadi indikasi gangguan dari hati berupa kolestasis obsterik. Rajinlah berolah raga dan mengonsumsi makanan sehat, serta rutin periksa ke dokter kandungan atau bidan terdekat.

Be the first to comment on "Perkembangan Janin Usia 16 Minggu Yang Wajib Tahu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*