Perkembangan Janin Usia 12 Minggu: Bagaimana Kabar Si Kecil?

perkembangan janin usia 12 mingguSumber: SolusiSehat

Jika Anda sedang dalam masa kehamilan dan sekarang sudah memasuki usia 12 minggu. Berarti janin Anda sedang memasuki masa perkembangan janin usia 12 minggu yang pesat. Pada masa ini penting untuk Anda untuk tetap menjaga asupan makanan sehat dan menjalankan pola hidup yang baik demi menjaga kesehatan dan keselamatan si jabang bayi. Karena janin pada usia ini rentan untuk keguguran.

Lalu, bagaimanakah perkembangan janin usia 12 minggu? Bicara tentang perkembangan janin usia 12 minggu dalam perut Anda ini, kini si janin sudah mulai bisa bergerak-gerak dan menendang-nendang. Mungkin Anda tidak akan merasakannya, tapi inilah waktu si janin mulai dapat memberikan respon akan suatu gerakan.

Jari-jari bayi Anda mulai dapat dibuka dan ditutup, jari-jarinya akan melengkung. Otot matanya mulai terbentuk dan mulutnya akan membuat gerakan seperti sedang mengisap. Ususnya, yang tumbuh dengan cepat sehingga menonjol ke tali pusar dan mulai masuk ke rongga perutnya, ginjalnya akan mulai mengeluarkan urin ke dalam kandung kemihnya.

Alat kelamin saat usia 9 minggu sudah terbentuk, pada usia ini belum berkembang sempurna. Sehingga janin belum bisa dibedakan jenis kelaminnya.

Sementara itu, sel-sel saraf berkembang dengan cepat dan sinapsis terbentuk dengan hebat di otak bayi Anda. Wajahnya terlihat seperti manusia kebanyakan dengan matanya telah bergerak dari sisi kepalanya ke bagian depan dan telinganya tepat di tempat yang seharusnya. Dari ujung kepala hingga pantat, calon bayi Anda berukuran lebih dari 2 inci (sekitar seukuran kapur tulis) dan beratnya setengah ons.

Jika Anda melakukan pemeriksaan, maka dokter atau bidan sudah dapat merasakan tonjolan atau perkembangan janin yang mulai bergerak-gerak melalui bagian atas dari uterus atau rahim.

Mengingat juga periode trisemester satu ini akan segera habis, Anda juga harus menyiapkan baju hamil dengan segera karena rahim Anda akan terus tumbuh dan pakaian yang biasa Anda pakai mungkin sudah tidak pas lagi di badan Anda. Anda juga pasti mengalami kenaikan berat badan secara drastis seiring perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Peningkatan berat badan ini normal dan tandanya janin sedang tumbuh di dalam rahim. Sehingga jangan paksakan untuk menggunakan pakaian yang ketat dan tidak nyaman di badan.

Pada masa ini, Anda mungkin juga mulai merasa mulas atau sensasi seperti terbakar yang sering meluas dari dasar tulang dada ke bagian bawah tenggorokan Anda. Banyak wanita yang mengalami mulas untuk pertama kalinya selama kehamilan dan mereka yang sebelumnya pernah mengalami sakit maag mungkin akan merasakan sakit yang semakin parah. Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan banyak hormon progesteron dan melemaskan katup yang memisahkan kerongkongan dari perut. Terutama saat Anda berbaring, asam lambung bisa merembes dan menyebabkan sensasi seperti terbakar yang tidak nyaman.

Anda juga mungkin akan mengalami perubahan pada kulit, termasuk gelapnya areola. Perubahan lain yang mungkin Anda alami meliputi terdapat bagian gelap yang tidak teratur di wajah dan leher Anda. Ini disebut chloasma atau topeng kehamilan. Patch ini biasanya akan menghilang tak lama setelah melahirkan.

Usia kehamilan 12 minggu, maka mual dan muntah yang terjadi dipagi hari atau diwaktu yang lain akan berkurang. Berkurangnya mual dan muntah pasti membuat nafsu makan Anda kembali lagi. Sehingga Anda bisa memberikan asupan gizi dan nutrisi sehat untuk bayi Anda. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil juga sebagai energi untuk ibu sendiri.

Be the first to comment on "Perkembangan Janin Usia 12 Minggu: Bagaimana Kabar Si Kecil?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*