Penuhi Nutrisi Ibu Hamil Dengan Telur Yang Sehat Ini

Nutrisi Ibu HamilSource: Pixabay

Untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan, seorang ibu haruslah terpenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Kandungan gizi dalam telur begitu beragam yang aman baik untuk kesehatan, terutama untuk kehamilan. Adapun beberapa kandungan yang terdapat pada telur diantaranya, protein, lemak, mineral seperti seng, selenium, vitamin A, B kompleks, dan vitamin D.

Selain gizi yang ada pada telur juga banyak, telur juga memiliki harga yang mudah terjangkau, dan sudah pasti memberikan manfaat untuk tubuh Ibu dan juga janin. Oleh karena itu, banyak ahli merekomendasikan makanan ini, menjadi makanan yang pas dan pantas bagi ibu hamil.

Mungkin Ibu akan merasa bosan dengan menu telur yang itu-itu saja. Anda dapat mencoba resep telur edamame untuk membuat menu telur dengan resep yang spesial, nikmat, dan tentu menyehatkan.

Berikut adalah 8 alasan mengapa telur penting bagi ibu hamil.

1. Mengatasi kecemasan dan depresi

Wanita yang tengah berada dalam masa kehamilan akan memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi. Seperti telur yang memiliki kandungan kolin, apabila dikonsumsi oleh ibu hamil maka akan mempengaruhi DNA serta aktivitas hormon yang ada di dalam tubuh.

Menurut Prof. Eva Pressman, gen yang mengatur hormon kortisol atau hormon yang menyebabkan stress, depresi, dan kecemasan dapat dilawan dengan kandungan kolin. Bahkan beliau menambahkan dengan adanya penambahan asupan kolin yang banyak pada ibu hamil, bisa mempengaruhi ekspresi perkembangan janin sampai ia dewasa.

2. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Beban berat yang ditanggung perut ibu hamil, mampu memicu gangguan kehamilan karena kerusakan sel yang ada di dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil sangat rentan dengan kondisi atau kesehatannya. Oleh sebab itu Ibu disarankan oleh dokter untuk memakan telur. Sebab khasiatnya mampu memperbaiki sel yang rusak. Bukan hanya itu, namun telur juga berguna untuk merawat sel, memperbaiki, dan menjaga kualitas sel agar tetap baik.

3. Mencegah kanker

Kandungan kolin mampu berguna sebagai tameng dari kanker payudara dan kanker hati. Ibu yang sudah dalam kondisi normal, terutama bagi Ibu yang usai melahirkan akan cenderung memiliki resiko terkena kanker payudara dan kanker hati lebih tinggi. Hal ini dipengaruhi dengan kadar hormon esterogen dan progesteron yang ada dalam tubuhnya. Salah satu cara untuk menghindarinya Ibu dapat mengonsumsi telur.

4. Energi yang cukup

Telur merupakan makanan yang pas sebab mengandung manfaat dan asupan energi yang cukup untuk diri Anda. Seperti vitamin, mineral, lemak, serta beberapa asupan tambahan lainnya. Hal ini menjadi salah satu nilai plus untuk telur. Kalori yang cukup juga tidak membuat yang mengonsumsinya merasa terlalu banyak makan makanan berat.

5. Mengurangi resiko bayi lahir dengan penyakit

Bayi yang lahir akan sangat mudah terkena penyakit. Ketika lahir bayi harus beradaptasi lagi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kesehatan bayi yang terpenuhi asupan kolin (melalui ibunya), lebih sedikit terkena gangguan atau penyakit saat ia keluar dari perut Ibu.

6. Membantu perkembangan syaraf otak dan janin

Telur juga merupakan makanan yang baik untuk menjaga dan merawat perkembangan bayi. Telur memang memiliki segudang manfaat dan kandungan yang pantas untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti kolin. Kandungan ini ternyata mampu mempertahankan dan menjaga perkembangan syaraf otak janin yang ada di dalam perut.

7. Mengurangi resiko cacat tabung syaraf bagi bayi

Menurut studi yang sudah banyak dilakukan menyebutkan bahwa, sekitar 72% bayi atau di bawahnya memiliki resiko penyebab janin cacat atau kecenderungan lahir cacat. Hal ini disebabkan karena ibu hamil tersebut mengalami kekurangan kolin. Tentu saja sebagai calon ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik untuk kesehatan janinnya.

8. Berguna untuk Memperlancar ASI

Wanita yang tengah hamil membutuhkan kandungan kolin minimal sebanyak 450 mg. Sedangkan wanita yang tengah masa menyusui membutuhkan kadar kolin sebanyak 550 mg. Hal ini berguna karena ternyata kolin bermanfaat untuk memperbanyak ASI atau membuat lancar ASI yang sudah ada.

Walaupun telur baik bagi Ibu hamil dan bayi dalam kandungannya, namun ada beberapa hal yang perlu diingat. Ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol normal dalam tubuhnya boleh mengkonsumsi 1 hingga 2 butir telur utuh dalam satu hari. Hanya saja jika Ibu memiliki riwayat kadar kolesterol yang cukup tinggi, sebaiknya hindari mengkonsumsi kuning telur dan santaplah bagian putihnya saja atau sebaiknya konsumsi telur ini dibatasi 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Be the first to comment on "Penuhi Nutrisi Ibu Hamil Dengan Telur Yang Sehat Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*