Pantangan Ibu Hamil Saat berbuka Puasa

pantangan ibu hamilSumber: Pinterest

Bunda pasti ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Nah, supaya lancar ada beberapa pantangan ibu hamil dalam hal makanan. Pasalnya, bunda yang sedang hamil mengalami beberapa perubahan metabolisme dan beberapa makanan bisa mengganggu janin dalam menerima asupan nutrisi dan membahayakan bunda serta janin. Jadi bunda kudu simak baik-baik deh makanan yang tidak boleh dikonsumsi.

Bunda tentu tahu kalau bunda tidak boleh makanan mentah seperti sayuran yang belum dimasak, sashimi atau makanan yang dipanggang. Karena janin belum tentu kuat menghadapi bakteri-bakteri yang masuk bersamaan makanan tersebut. Ternyata ada lagi loh yang kudu bunda jauhin.

  1. Susu dan keju yang belum diproses

Susu dan keju adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi bunda pada saat puasa kecuali sudah pasteurisasi. Susu mentah dan keju lunak seperti blue cheese, roquefort, camembert, brie dan feta malah kudu dicoret dari daftar sekalipun ada tulisan pasteurisasi. Hal ini disebabkan keju lunak terbuat dari keju yang tidak dipasteurisasi dan bisa menyebabkan infeksi bakteri bernama listeria yang membahayakan bunda dan janin.

  1. Teh herbal

Teh herbal pada dasarnya adalah minum yang sehat. Namun bila berlebihan teh herbal seperti chamomile, rosemary atau raspberry yang biasa dikonsumsi malah bisa membahayakan kesehatan. Apalagi kalau bunda membeli teh herbal kemasan yang tidak mencantumkan bahan-bahan yang digunakan dalam campuran. Kalau bunda ingin sekali minum, sebaiknya bunda konsultasi dulu ke dokter kandungan.

  1. Makanan yang terlalu manis

Slogan “Berbukalah dengan yang manis” mungkin membuat bunda memilih berbuka dengan makanan atau minuman yang manis. Hal ini terasa benar apalagi seusai minum manis, badan bunda terasa segar kembali. Namun perlu diingat makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi bisa mengakibatkan obesitas. Dan parahnya, bunda bisa terkena preeklampsia dan diabetes gestasional. Solusinya, kalau bunda menginginkan sesuatu yang manis mungkin bisa berupa potongan buah yang sudah mateng. Gula alami dari buah jauh lebih menyehatkan bagi tubuh dan bagus untuk pencernaan.

  1. Makan cepat saji

Bunda yang menahan rasa lapar seharian pasti ingin buru-buru menikmati makanan. Pilihan bunda mungkin jatuh ke makanan cepat saji. Namun bunda kudu waspada, kebanyakan makanan cepat saji terbuat dari daging olahan yag kadang tidak jelas kandungannya. Selain itu proporsi sayuran di makanan cepat saji sangatlah sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan nutrisi yang perlu bunda konsumsi. Selain itu jauhkan diri juga dari makanan yang sudah dipanaskan berkali-kali.

  1. Makanan zat pewarna

Makanan berwarna terutama kue-kue pastilah sangat menarik perhatian. Tapi tidak semuanya bisa dimakan. Bila bunda melihat jajanan yang berwarna warni, bunda sebaiknya menghindar terlebih dahulu kecuali bunda yang membuatnya sendiri. Jika makanan tersebut ada di dalam kemasan, bunda bisa memperhatikan komposisi makanannya. Hindari makanan yang mengandung zat perwarna metanil yellow dan rhodamin.

  1. Mie Instant

Telat bangun untuk sahur? Memang paling gampang memasak mie instant untuk disajikan ke keluarga dan diri sendiri. Tapi perlu diingat, mie instant mengandung MSG yang cukup banyak sehingga mengakibatkan pertumbuhan saraf janin dan pemicu gangguan saraf ketika bayi lahir. Bye-bye mie instant.

  1. Makanan beku

Banyak makanan beku biasanya mengandung banyak garam. Sementara ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi terlalu banyak garam yang bisa mengakibatkan tekanan darah naik. Bila tersedia, bunda bisa memilih makanan beku organik yang rendah garam dan lemak.

  1. Makanan pemicu asam lambung

Makanan yang pedas dan asam kudu dihindari ibu hamil karena bisa memicu asam lambung yang menyebabkan diare. Buah-buahan juga tidak semuanya bagus. Contohnya adalah nangka, durian dan cempedak serta nanas yang mengandung gas tinggi sehingga mengganggu lambung bunda.

Kesimpulannya, pantangan ibu hamil selama bulan puasa adalah makanan terlalu manis, asam, pedas, asin dan mengandung banyak bahan kimia. Jadi badan dan janinnya dijaga ya bunda

Be the first to comment on "Pantangan Ibu Hamil Saat berbuka Puasa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*