Obat yang Wajib Distok Untuk Penyakit Umum Balita

konsep tumbuh kembang anakSumber: PBS.org

Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh anak di bawah lima tahun masihlah belum sempurna. Karena itu anak Ibu akan rentan terhadap penyakit umum balita yang menyerangnya secara tidak terduga. Walaupun penyakit ini tidak membahayakan, namun tetap akan mempengaruhi kesehatan dan keceriaan si buah hati sehari-hari. Rasa tidak nyaman dan sakit akan membuat anak rewel dan membuat iba.

Penyakit umum yang biasa diderita oleh seorang balita biasanya seperti demam, pilek, batuk, muntah-muntah, diare, dan penyakit kulit. Ibu haruslah memiliki obat-obatan yang selalu tersedia di rumah agar jika sewaktu-waktu penyakit datang, penanganan pertama sudah Ibu berikan.

Lalu, obat-obatan apa saja yang harus selalu tersedia di rumah?

  • Antipiretik

Ini merupakan jenis obat untuk penurun panas. Berfungsi untuk menurunkan suhu badan yang memanas atau demam, sehingga balita Ibu akan dapat beristirahat dan tidur dengan nyaman. Umumnya yang termasuk obat antipiretik yang boleh dikonsumsi anak adalah paracetamol dan disesuaikan dengan dosis yang sesuai dengan usianya.

  • Oralit

Sistem pencernaan balita yang masih belum sempuran kerap membuatnya menderita diare. Selain itu juga, ada beberapa makanan yang mungkin tidak cocok untuk dia konsumsi dan lambungnya bereaksi akan suatu zat makanan sehingga membuatnya menderita diare. Penyakit ini akan membuat anak Ibu lemas dan kehilangan tenaga hingga tidak bergairah. Maka menyediakan oralit akan sangat berguna untuk pencegahan agar penyakit ini tidak berlanjut lama. Hal lain yang harus Ibu lakukan ketika anak diare adalah jangan sampai dia kekurangan cairan dan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi.

  • Obat Gosok

Sediakanlah selalu obat gosok jika saja terjadi sesak nafas tiba-tiba akibat dari pilek. Ini akan membantunya untuk bernafas lega.

  • NaCl 0.9%

Obat ini bisa Ibu temukan di toko obat ataupun apotik terdekat dari rumah. Fungsinya untuk mengurangi pilek atau hidung tersumbat. Ibu bisa memilih obat yang diteteskan pada mulut ataupun yang disemprotkan.

  • Pengencer Dahak

Ibu boleh menggunakan merk apapun yang dianjurkan oleh apoteker ditempat Ibu membeli obat. Namun perlu diingat, penggunaan pengencer dahak ini hanya boleh digunakan pada anak yang mampu mengeluarkan dahaknya akibat dari batuk yang dideritanya. Jika tidak bisa, sebaiknya jangan diberikan. Karena akan mengundang penyakit baru yaitu penumpukan dahak di saluran pernafasannya. Jangan lupa memberikan banyak minum padanya.

  • Anti Septik

Masa balita merupakan masa yang sangat menyukai bermain dan mengexplore hal-hal baru. Anak Ibu seperti menjelma menjadi sosok yang memiliki energi berlebih dan tak kenal lelah. Mereka akan melakukan banyak hal tanpa mengetahui bahaya atau rasa sakit jika saja dia terjatuh, terhantam benda keras, dan bisa jadi terkena benda tajam. Jika hal demikian terjadi, memiliki anti septik sebagai stok persediaan sangat diperlukan untuk mengobatinya sesegera mungkin. Agar tidak terjadi infeksi dan kuman-kuman bisa masuk melalui luka yang terbuka.

  • Salep Kulit

Hal yang biasa terjadi pada anak ialah penyakit kulit seperti biang keringat, kulit yang mengelupas dan pecah-pecah, ruam, bintik-bintik kemerahan. Jangan gunakan bedak tabur untuk mengatasi hal ini. Karena hal ini akan menyebabkan penyakit kulit ini lambat sembuh ataupun bisa balik kembali lebih cepat. Gunakanlah salep kulit yang memang dikhususkan untuk kulit balita. Ibu bisa membelinya di apotil atau toko obat. Mungkin juga Ibu bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk resep salep kulit yang bagus.

Merawat dan membesarkan seorang anak memang tidak mudah. Walaupun Ibu sudah berusaha dengan penuh kehati-hatian untuk menjaga kesehatan, asupan dan gizinya, penyakit bisa menyerang kapan saja. Persediaan obat-obatan di rumah akan sangat membantu untuk penanganan awal bila penyakit datang mendera.

Nah, itu tadi daftar obat-obatan yang perlu Ibu sediakan di rumah. Semoga dapat membantu Ibu untuk selalu menjaga kesehatan dan keceriaan buah hati

Be the first to comment on "Obat yang Wajib Distok Untuk Penyakit Umum Balita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*