Mengetahui Perkembangan Janin Usia 32 Minggu

perkembangan janin usia 32 mingguSource: smababy.co.uk

Usia perkembangan janin dalam kandungan Anda kini sudah memasuki minggu ke-32 atau yang dalam hitungan bulan, pekan ini terhitung sudah memasuki bulan ke 8 adalah perkembangan yang hampir mendekati persalinan atau kelahiran janin ke dunia ini. Seolah sudah mempersiapkan dirinya untuk segera keluar dari perut sang ibu, dalam perkembangan janin usia 32 minggu ini janin sudah berada pada posisi di jalur lahir dengan kepala yang berada di bawah. Puncak rahim pun berpindah ke bagian atas pusar, sehingga akan membuat sang ibu kurang nyaman karena akan merasa nyeri atau sakit pada daerah panggul. Pada minggu-minggu ini, tetaplah ajak komunikasi janin yang ada di dalam kandungan Anda dengan cara mengusap-usap perut Anda dan mengajaknya bicara. Lalu bagaimana perkembangan janin pada usia 32 minggu? Berikut adalah ciri perkembangan janin pada usia 32 minggu.

  1. Berat dan Panjangnya Makin Berkembang

Pada minggu ke 32 ini lemak pada tubuh janin akan tetap bertambah yang membuat bobot tubuhnya dan energinya juga makin bertambah itulah mengapa di minggu ini gerakan janin mulai makin terasa. Di usia ini janin umumya sudah dapat memiliki berat sekitar 2,3kg dengan panjangnya yang mencapai 45cm. Tentunya bobot tubuh dan panjang tubuhnya akan terus bertambah hingga tiba saatnya ia dilahirkan ke dunia.

  1. Pergerakan Janin Makin Aktif

Jika pada bulan sebelumnya si buah hati dalam kandungan mengalami pergerakan yang lebih lambat karena berkembangnya lemak dalam tubuhnya, pada pekan ini, pergerakannya akan semakin aktif. Hal ini pula yang tak jarang membuat ibu hamil mulai mengenali pola gerakan si kecil pada waktu-waktu tertentu seperti menendang, meninju, dan gerakan-gerakan lain yang lebih sering.

  1. Otak Berkembang Makin Pesat

Adapun perkembangan mencolok yang terjadi pada usia kehamilan pekan ini adalah perkembangan otaknya yang terjadi dengan begitu pesat. Bayi dalam kandungan Anda sudah mulai mengembangkan bagian-bagian otak penting guna memberikannya panca indera yang baik. Perkembangan otak ini akan tentu saja didukung dan ditandai dengan pendengaran dan penglihatan yang lebih baik dibandingkan pekan-pekan sebelumnya.

  1. Organ-Organ Tubuh Makin Berkembang dan Bekerja dengan Baik

Bagian organ yang berada di dalam tubuh janin pun ikut mengalami perkembangan yang pesat. Di bulan ke 8 kehamilan organ internal janin mulai bekerja dengan baik meski harus diakui jika organ paru-paru janin di minggu ini belum siap dan dapat digunakan dengan baik. Umumnya organ paru-paru baru dapat berkembang sempurna saat usia janin memasuki 36 minggu, dimana janin mulai sibuk menghirup cairan amnion yang terdapat di dalam perut sang Ibu.

Proses penghirupan amnion ini merupakan fase untuk melatih paru-paru janin agar semakin berkembang maka fungsi dan sistemnya bekerja jadi lebih baik. Hal inilah yang membuat bayi tetap punya harapan hidup tinggi meski ia harus lahir lebih cepat dari waktu normal karena paru-parunya sudah mulai bekerja dengan baik.

  1. Kulit Bayi Makin Mulus

Kembali ke bagian tubuh tepatnya kulit, kini memasuki usia 32 minggu kulit janin juga akan terus berkembang. Dari hari ke hari kulit janin akan terus mengalami pertumbuhan, kini bagian kulitnya pun akan tampak lebih halus dan mulus. Lunago di bagian tubuh janin perlahan akan mulai hilang. Bahkan saat ini dengan kemampuan janin untuk menghisap yang terus berkembang ia sudah bisa menghisap jempolnya sendiri.

  1. Rambut Mulai Tumbuh Lebat

Selain organ dalam tubuhnya yang terus tumbuh dan berkembang dengan pesat, pada minggu ke 32 ini janin juga terus berkembang di bagian kepalanya. Umumnya saat usia kehamilan sudah memasuki usia 8 bulan bagian kepala janin yang ditumbuhi rambut-rambut halus akan makin bertambah dan makin lebat. Hanya saja memang perkembangan rambut janin akan dipengaruhi oleh hormon sang Ibu. Beberapa bayi mungkin akan mulai mengembangkan bulu-bulu halus di kepala atau rambut pada saat mereka dilahirkan nantinya.

  1. Perkembangan Janin Jenis Kelamin Laki-Laki

Untuk janin yang berjenis kelamin laki-laki, di usia janin 32 minggu organ testikelnya yang sudah terbentuk kini akan mulai menurun dari bagian perut ke bagian skrotum. Tapi perkembangan ini tidak selamanya terjadi pada setiap janin, pada kasus tertentu ada beberapa janin yang terlambat mengalami fase ini. Bagian testikelnya baru akan turun sesaat sebelum dilahirkan.

Pada masa perkembangan janin usia 32 minggu, Ibu hamil pun sudah harus memeriksakan kandungan secara rutin setiap dua minggu sekali. Hal itu dikarenakan semakin mendekati persalinan ibu hamil harus rutin mengecek kondisi janin yang ada di dalam kandungannya. Dampak yang kurang nyaman pun akan terjadi pada Ibu misalnya sembelit, sakit perut, gangguan pencernaan, hingga sesak napas. Untuk itu, konsumsilah berbagai jenis makanan yang memang disarankan untuk para ibu hamil. Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara memperbanyak konsumsi air putih. Untuk mengurangi gejala yang tidak Anda inginkan, hindari juga konsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein, latihlah pernapasan Anda supaya Anda tidak terkejut saat terjadi kontraksi.

Be the first to comment on "Mengetahui Perkembangan Janin Usia 32 Minggu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*