Mengenal Perkembangan Janin Usia 22 Minggu Di Trimeseter 2

Perkembangan Janin Usia 22 MingguSumber: Pin.it

Tahukah Ibu, perkembangan janin usia 22 minggu mulai menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam suatu proses kehamilan. Ketika memasuki usia kehamilan 22 minggu banyak hal yang mulai terjadi. Mulai dari kadar hormon yang meningkat hingga gerakan-gerakan janin yang mulai terasa di dalam perut Ibu. Tak hanya Ibu yang merasakan dampak dari proses tumbuh kembang itu, si bayi pun mengalami hal yang sama.

Perkembangan janin usia 22 minggu salah satunya adalah memiliki berat sekitar 450 gram dengan panjang kurang lebih 28 cm. Buah hati Ibu layaknya sebuah boneka mungil sekarang. Berat tubuhnya memang tumbuh dan berkembang secara drastis, tetapi panjangnya hanya bertambah kurang lebih 3 cm dari sebelumnya. Di usia kehamilan ini, otak bayi telah berkembang dan berfungsi dengan cukup baik. Aktivitasnya pun sudah mulai teratur dan berirama. Bayi Ibu telah memiliki jam tidurnya sendiri dan tahu kapan saatnya ia harus aktif bergerak. Tak hanya itu, fungsi lidah bayi pun sudah berkembang dan berfungsi dengan baik. Kini, ia sudah bisa mencecap beragam rasa makanan yang Ibu makan sebagai nutrisi harian selama masa kehamilan seperti manis, asam, hingga asin. Kemampuan telinganya untuk mendengar juga tentu semakin membaik. Ia sudah bisa bereaksi apabila mendengar suara dari luar yang ia dengar. Bahkan, bayi Ibu sudah bisa merasakan kaget lho bila ia mendengar suara yang terlalu keras.

Meskipun dua inderanya telah berfungsi dengan baik, namun perkembangan janin usia 22 minggu ini belum mencapai tahapan sempurna dalam hal penglihatannya. Retina mata bayi sudah memiliki fungsi kepekaan terhadap rangsangan, tetapi kelopaknya masih akan tertutup hingga menginjak trimester akhir kehamilan. Di dalam rahim, bayi Ibu akan mulai mempelajari suara-suara terdekat yang mampu ia dengar. Suara Ibu misalnya. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Ibu mulai mengajaknya mengobrol untuk sekedar berkenalan dan berinteraksi secara langsung. Bicaralah sambil mengelus lembut perut, bersenandung, hingga mengaji atau mendengarkan musik klasik agar indera pendengarannya semakin terasah dan berfungsi lebih baik lagi.

Tahukah Ibu, bukan hanya seputar indera pendengar, perasa, dan penglihatan saja yang mengalami perubahan. Perkembangan janin usia 22 minggu pun juga mempengaruhi tumbuh kembang awal kemunculan gigi pada gusinya yang sudah mulai terbentuk tahap demi tahap. Tunas-tunas gigi mungil mulai terbentuk dalam mulut si bayi. Ketika bayi Ibu terlahir nanti, bakal tunas gigi pertamanya akan segera tumbuh hingga saatnya nanti gigi ini muncul sebagai gigi pertamanya kelak. Tak hanya itu, masih ada hal menakjubkan lainnya dalam proses perkembangan janin usia 22 minggu yakni kedua kaki bayi yang sudah tidak menempel lagi pada perut Ibu seperti usia sebelumnya. Pada tahap ini, bayi dalam kandungan Ibu pun mulai mampu menangkap dan memberikan respon terhadap rangsangan yang diterimanya.

Perkembangan janin usia 22 minggu ini semakin lengkap karena bayi pun sudah peka pada segala macam sentuhan. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan otaknya yang tentu saja juga berkembang kian pesat. Bahkan, bayi Ibu di dalam kandungan pun sudah mulai bisa merasakan serunya melayang-layang di antara air ketuban yang selama ini menjadi pelindungnya. Karena begitu banyak proses terkait tumbuh kembang bayi selama dalam kandungan ini, maka ada baiknya bila Ibu terus menjaga kesehatan. Salah satunya dengan memperbanyak asupan air putih maupun jus buah segar tanpa pemanis yang berlebihan. Hal ini tentu saja sebagai salah satu bentuk upaya untuk memenuhi asupan nutrisi bagi kesehatan Ibu dan juga tumbuh kembang janin dalam kandungan. Dan jangan lupa untuk lebih sering memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan agar terhindar dari resiko lain yang mungkin bisa saja terjadi selama sisa masa kehamilan Ibu.

Semoga artikel ini dapat membantu rasa penasaran Ibu atas apa yang terjadi pada si kecil, ketika menginjak usia 22 minggu dalam masa kehamilan ya!

Be the first to comment on "Mengenal Perkembangan Janin Usia 22 Minggu Di Trimeseter 2"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*