Memahami Kalender Perkembangan Bayi usia 2,5 tahun

kalender perkembangan bayiSource: lanekids

Saat-saat awal memiliki buah hati adalah kebahagiaan yang terhingga bagi Ibu. Tentunya pada saat itu, Ibu menjadi lebih peka dan perhatian pada tumbuh kembang bayi sekecil apapun itu. Mulai dari usia 2 tahun ke atas, bayi akan mengalami golden period sehingga terjadi lonjakan pada fase pertumbuhan dan perkembangan anak . Untuk itu, Ibu wajib memahami kalender perkembangan bayi usia 2 tahun ke atas agar tak melewatkan proses tumbuh kembang buah hati yang luar biasa.

Kalender perkembangan bayi adalah semacam panduan yang bisa Ibu pegang untuk mengamati tumbuh kembang sang buah hati pada masa-masa awal kehidupan mereka. Untuk kalender perkembangan bayi usia 2,5 tahun, hal yang bisa kita amati antara lain :

  1. Peningkatan kemampuan mengingat

Pada saat bayi menginjak usia 2,5 tahun, kemampuan mengingat mereka mulai mengalami peningkatan. Bayi sudah bisa mengingat sepatah dua patah kata, mengingat panggilan kedua orang tua hingga panggilan kepada dirinya sendiri. Bahkan pada usia ini, buah hati Ibu sudah akan memahami perintah-perintah sederhana yang Ibu lontarkan hingga mengingat beberapa lirik lagu penghantar tidur yang biasa Ibu nyanyikan.

  1. Mulai berpikir secara simbolik

Pada kalender perkembangan bayi usia 2,5 tahun ini, Ibu bisa mulai mengamati kemampuan  bayi dalam memakai simbol-simbol yang dapat berupa kata, gambar hingga sebuah aksi. Bahkan ketika mendekati usia tahun ketiga, kemampuan bayi ini akan semakin meningkat. Bayi sudah bisa melakukan subtitusi atau penggantian dari benda sesungguhnya yang dilihatnya.  Misalnya anak menyusun buku di atas meja membentuk sebuah menara dan lain sebagainya.

2. Peningkatan kemampuan berbicara

Pada usia mendekati tiga tahun ini, bayi akan mengalami puncak peningkatan kemampuan berbicara. Pada saat ini, perbendaharaan kata bayi hampir mencapai 1000 kata di mana sekitar 80% dari kosakata tersebut sudah dipahami oleh bayi. Jadi pada masa ini sebaiknya Ibu mulai aktif mengajak sang buah hati berbicara dan mendengarkan obrolannya. Hal ini akan semakin merangsang kemampuan bicara bayi Ibu

3. Peningkatan kemampuan berhitung, mengelompokkan hingga mengurutkan sesuatu

Saat menginjak usia 2,5 tahun, bayi mulai mengalami peningkatan kemampuan berhitung. Sang bayi mulai bisa membedakan benda yang sedikit dan banyak, satu hingga beberapa. Buah hati Ibu pada usia ini juga mulai belajar mengelompokkan benda di sekitarnya mulai dari mainan dan benda-benda di sekitarnya. Bayi juga mulai bisa menyusun benda sesuai ukurannnya dari kecil hingga besar (mengurutkan)

4. Peningkatan pemahaman tentang konsep

Ketika memasuki usia 2 tahun ke atas, bayi akan memahami konsep akan waktu untuk pertama kalinya.  Mulai dari konsep tentang “hari ini”, “kemarin” hingga “besok”. Juga pemahaman konsep waktu semisal “sebelumnya” atau “sesudahnya”. Buah hati Ibu pada usia ini juga mulai bisa memahami konsep hari dalam satu minggu.

5. Muncul keinginan bersosialisasi

Selain kemampuan individual, pada kalender perkembangan bayi usia 2,5 tahun ini, Ibu juga bisa memantau kemampuan bersosialisai buah hati. Pada usia ini, bayi memiliki keinginan kuat untuk berinteraksi dan bermain secara aktif dengan teman sebaya maupun orang yang berada di sekitarnya. Bayi usia 2,5 tahun memiliki ketertarikan bermain seni peran dengan berpura-pura. Permainan seolah-olah menjadi ini mampu mengeksplorasi daya imajinasi sang bayi yang akan membantu untuk mengasah keterampilan bersosialisasi, berpikir dan mengatur bahasa.

Nah, itu tadi enam ciri-ciri tumbuh kembang yang bisa Ibu pahami dalam kalender perkembangan bayi usia 2,5 tahun. Sudah seharusnya Ibu mempersiapkan diri agar ketika golden period itu tiba, Ibu bisa mengoptimalkan tumbuh kembang sang buah hati.

Be the first to comment on "Memahami Kalender Perkembangan Bayi usia 2,5 tahun"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*