Manfaat Air Kelapa dan Vitamin Ibu Hamil

Vitamin Ibu HamilSource: Meghan Telpner

Air kelapa adalah minuman menyegarkan yang membantu Anda dalam menjaga tubuh terhidrasi dan tetap segar. Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat memberi asupan vitamin ibu hamil. Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Dengan mengkonsumsi air kelapa selama kehamilan ternyata dapat membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Lalu apa sajakah manfaat air buah kelapa bagi Ibu hamil?

Berikut adalah 10 manfaat air buah kelapa untuk ibu hamil yang wajib diketahui.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil sebaiknya harus lebih memperhatikan kesehatan karena bisa dibilang memiliki daya tahan tubuh yang sensitif. Hal utama yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah tekanan darah yang tidak stabil. Tapi kini tak perlu khawatir karena dapat diatasi dengan air buah kelapa. Kandungan zat yang ada pada air buah kelapa sangat baik untuk mengatur tekanan darah sehingga lebih stabil. Ibu hamil yang mengonsumsi air buah kelapa juga lebih kecil kemungkinannya untuk terkena darah tinggi.

  1. Terhindar Dari Rasa Mual

Rasa mual pada Ibu hamil memang seringkali dialami. Biasanya ini dirasakan oleh ibu hamil muda. Bagi beberapa orang, rasa mual di pagi hari atau morning sickness sangatlah menganggu aktifitas. Untuk meminimalisir terjadinya mual ketika hamil, sebaiknya mengonsumsi air buah kelapa karena mengandung elektrolit yang dapat mengurangi mual dan tubuh akan terasa lebih segar ketika masa kehamilan.

  1. Membantu Memproduksi ASI Yang Lebih Sehat

ASI yang lancar tentu sudah menjadi hal yang paling didambakan para ibu hamil yang akan segera melahirkan. Pasalnya beberapa Ibu setelah melahirkan tidak cukup memproduksi ASI sehingga harus menjalani berbagai pengobatan untuk melancarkan ASI. Agar ASI lancar, sebaiknya ketika masih dalam masa kehamilan harus lebih sering mengonsumsi air buah kelapa karena dapat meningkatkan komposisi asam dan menghasilkan ASI yang lebih banyak.

  1. Mencegah Keracunan Pada Ibu Hamil

Masa kehamilan memang sedikit rawan. Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang sangat berhati-hati terhadap makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Hal ini karena semakin banyak kasus ibu hamil yang keracunan. Mulai sekarang, para Ibu hamil tak perlu khawatir karena keracunan bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi air buah kelapa. Kandungan zat yang terdapat pada air buah kelapa diyakini mampu mengeluarkan racun yang tidak disengaja masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman.

  1. Membantu Menyehatkan Tulang

Nyeri pada tulang memang kerap kali dialami di semua kalangan. Bahkan juga pada Ibu hamil. Nyeri pada tulang seringkali membuat Ibu hamil cepat lelah sehingga enggan untuk melakukan aktifitas. Agar tulang selalu sehat, sebaiknya mulailah mengonsumsi air buah kelapa. Ada banyak kandungan yang baik untuk tulang dalam satu buah kelapa. Maka dari itu, sangatlah rugi apabila selama hamil tidak mengonsumsi air kelapa.

  1. Mengurangi Sembelit Pada Ibu Hamil

Sembelit seringkali dirasakan oleh Ibu hamil. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan air sehingga menyebabkan terjadinya sembelit. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mudah aman, salah satunya dengan mengonsumsi air buah kelapa. Tak hanya membuat bayi mulus, tapi khasiat air kelapa juga dapat mengurangi terjadinya sembelit yang sangat menyiksa bagi Ibu hamil.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kesehatan Ibu hamil memang tidak bisa diprediksi karena ini juga bisa dipengaruhi oleh cuaca. Pergantian cuaca memang sering menjadi faktor utama yang menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun. Bagi ibu hamil, tentunya tidak boleh mengonsumsi sembarang obat karena akan memiliki pengaruh yang buruk terhadap janinnya. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air buah kelapa karena mengandung antioksidan yang dapat mengontrol kekebalan tubuh agar tetap stabil sehingga tidak mudah sakit.

  1. Membantu Menjernihkan Air Ketuban

Salah satu alasan Ibu hamil mengonsumsi air buah kelapa mungkin karena ingin bayi yang dilahirkannya mulus. Tapi ada hal lain yang kebanyakan orang belum tau. Mengonsumsi air buah kelapa ternyata dapat membantu menjernihkan air ketuban. Ada kandungan zat yang terdapat pada ketuban dan bisa membuat air ketuban menjadi lebih jernih karena dapat menyerap lendir maupun kotoran lain yang terdapat pada air ketuban. Untuk itu, bagi para Ibu hamil sebaikya agar lebih sering mengonsumsinya.

  1. Terhindar Dari Dehidrasi

Dehidrasi seringkali menjadi momok yang paling ditakuti karena dampaknya sangat buruk bagi tubuh. Terlebih jika dialami oleh ibu hamil. Para ibu hamil harus tau cara yang paling aman dalam mengatasi dehidrasi, salah satunya dengan minum air buah kelapa. Banyak minum air putih juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil agar terhindar dari dehidrasi. Tapi kandungan air yang terdapat pada air buah kelapa juga dapat membantu mencegah ibu hamil terkena dehidrasi sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Kandungan vitamin C pada air kelapa ini dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin ibu hamil setiap harinya. Buah-buahan untuk ibu hamil yang mengandung vitamin C berguna bagi tubuh untuk menambah imunitas dan daya tahan tubuh, mencegah dan menangkal berbagai macam penyakit, serta sebagai zat antioksidan.

Be the first to comment on "Manfaat Air Kelapa dan Vitamin Ibu Hamil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*