Konsumsi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Demi Memperlancar Persalinan

Konsumsi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Demi Memperlancar Persalinan

Selama bulan suci Ramadhan setiap umat islam di seluruh dunia di wajibkan untuk berpuasa penuh selama 30 hari, terkecuali beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak melakukan kewajiban yang satu ini. Salah satunya adalah ibu yang sedang hamil. Walaupun dianjurkan untuk tidak melakukan puasa, namun bagi ibu yang merasa mampu dan kuat, juga tidak apa-apa untuk melakukannya. Selama hal ini tidak menganggu kesehatan ibu dan janin, serta mampu untuk tetap memenuhi kebutuhan asupan nutrisi akan makanan sehat untuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, makanan sehat untuk ibu hamil wajib dipenuhi. Karena hal ini sangat berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Fase-fase kehamilan selama trisemester kehamilan sangat membutuhkan asupan akan gizi dan nutrisi yang cukup agar ibu juga selalu bugar. Terlebih lagi di masa trisemester terakhir, dimana kebugaran fisik sangatlah penting untuk memastikam agar persalinan nanti berjalan lancar.

Berikut ini adalah beberapa asupan makanan yang bagus dikonsumsi untuk memperlancar persalinan, terutama bagi ibu yang ingin melahirkan normal.

1. Sup ayam sayur

Sup sayur berisikan bahan makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk ibu hamil. Ditambahkan dengan kuah kaldu ayam, akan sangat menggugah selera siapa saja. Bahan-bahan seperti wortel, kacang polong, kacang panjang atau buncis, daging ayam, kol, kentang dan tahu, akan sangat berguna untuk memperlancar persalinan.

2. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan omega-3 yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan juga janin. Fungsi omega-3 sendiri adalah sebagai penyeimbang produksi hormon prostaglandin yang sangat bagus untuk menjaga tekanan darah, mencegah terjadinya pembekuan darah, sistem kekebalan tubuh, dan respon inflamasi. selain itu, mengkonsumsi ikan salmon juga bagus untuk pencernaan, agar dapat meminimalisir terjadinya sembelit yang kerap menyiksa ibu hamil.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitu memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi. Terdapat kandungan lemak baik di dalamnya, vitamin K, vitamin E, vitamin B, penolic, zat besi dan protein. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin, akan sangat membantu dalam melemaskan sendi-sendi otot yang digunakan selama persalinan dan juga mampu meregangkan kulit dari dalam. Selain itu, minyak zaitun juga dapat menstimulasi aliran darah yang menuju perinuium, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan pasca melahirkan.

4. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt secara rutin menjelang persalinan, akan sangat membantu dalam memberikan energi pada ibu hamil, karena kandungannya yang kaya akan karbohidrat dan protein. Dengan tenaga yang terjaga, serta tidak melakukan aktivitas berlebihan yang membawa pada kelelahan, akan dapat memberikan kekuatan demi memperlancar persalinan.

5. Madu

Sudah dari zaman dulu madu dipercaya untuk membantu selama proses persalinan agar menjadi lancar. Dengan mengkonsumsi madu secara rutin pada trisemester akhir kehamilan, pada saat menjelang melahirkan, proses pembukaan liang akan menjadi lebih cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan madu memiliki zat prostagelandine yang dapat menstimulasi otot di rahim dan membuat ruang leher rahim melebar.

6. Kurma

Menurut Dr. Mahmud Nazim Al-Nasimy, kurma sangat baik dalam membantu proses persalnan, memperkuat urat-urat yang berada di rahim, memperkuat kontraksi otot selama persalinan, menjaga tekanan darah, sumber karbohidrat yang memberikan energi dan juga dapat membantu mengurangi pendarahan pasca melahirkan.

Mempersiapkan diri menuju waktu-waktu melahirkan, bukan hanya memperhatikan kebutuhan akan makanan sehat untuk ibu hamil saja. Namun ibu juga wajib mempersiapkan mental, ketenagan diri dan kenyamanan jiwa. Karena kesemuanya ini akan sangat dibutuhkan selama proses persalinan. Bulan puasa bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengontrol emosi bagi ibu untuk ketenangan batin. Karena esensinya, puasa bukan sekedar mengajarkan lapar dan haus saja, namun juga mengontrol diri dan hawa nafsu. Semoga momen ramadhan ini dapat memberikan ketenangan spiritual bagi ibu untuk menyambut proses persalinan kelak.

Be the first to comment on "Konsumsi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Demi Memperlancar Persalinan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*