Kapankah Waktu Yang Tepat Anak Masuk ke Preschool?

tumbuh kembang anak usia 2 tahunSumber: Oydad.com

Memasukkan anak ke preschool tentunya membutuhkan banyak pertimbangan. Tidak hanya sekedar mengikuti tren untuk memuaskan ego bunda atau ayah saja, karena kalau hanya sekedar mengikuti tren maka anak Anda dan Anda sendiri akan terbebani.

Pertimbangan pertama tentu saja usia. Nana Gerhana, M.Psi, Psikolog dari Rumah Sakit Royal Progress, Sunter mengatakan bahwa si kecil bisa masuk preschool pada usia 3 tahun. Dengan tujuan mempersiapkan si kecil untuk masuk ke pendidikan formal nantinya. Sumber lain menyatakan bahwa kebanyakan preschool bisa menerima anak-anak sekitar usia 2 atau 2 ½ tahun. Hanya saja, butuh kesiapan anak secara sosial, emosional, fisik, kognitif, serta siap untuk berinteraksi dengan sekelompok anak lain dan program pendidikan harian. (baca juga: makanan anak usia 2 tahun)

Memaksakan anak bunda masuk ke preschool sebelum dia siap tentunya dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak usia 2 tahun.

Pertimbangan kedua menurut Patricia Henderson Shimm, associate director dari Barnard College Centre for Toddler Development di New York dan co-author Parenting Your Toddler adalah kemandirian si kecil.

Kemandirian di sini maksudnya si kecil sudah memiliki beberapa keterampilan dasar. Misalnya telah terbiasa ke toilet walaupun masih membutuhkan sedikit bantuan, mencuci tangannya setelah melukis, makan siang tanpa bantuan, tidur sendiri, dsb. Hal ini sangat dibutuhkan sebab beberapa preschool mengharuskan si kecil sudah memiliki keterampilan dasar yang akan memperlancar kegiatan belajarnya.

Pertimbangan yang ketiga , sudahkah buah hati bunda bisa berada jauh dari bunda?

Anak-anak yang biasa menghabiskan banyak waktunya dengan pengasuh maka cenderung lebih mudah untuk menyesuaikan diri saat bunda memasukannya ke preschool. Mereka akan baik-baik saja saat diantar untuk pertama kali ke sekolah. Hal itu akan berbeda jika anak bunda terbiasa menghabiskan waktunya dengan bunda, mereka cenderung lebih susah untuk ditinggal saat hari pertama sekolah. Bunda harus sabar untuk membiasakannya berpisah dengan Anda, dengan mengantarkan serta menungguinya dan secara bertahap mengurangi frekuensi waktu menungguinya hingga dia terbiasa.

Pertimbangan keempat, bisakah dia mengerjakan tugas secara mandiri?

Preschool biasanya melibatkan banyak tugas seni dan keterampilan secara individu. Jika si kecil di rumah sudah terbiasa bermain dengan teka-teki, menggambar, dan mewarnai maka mungkin dia sudah siap untuk masuk preschool. Namun, jika dia masihlah anak yang memerlukan banyak bantuan dari Anda maka sebaiknya pertimbangkan untuk memasukkan ke preschool sekarang. Bunda bisa mengajarinya untuk terbiasa mengerjakan tugas secara individu terlebih dahulu.

Pertimbangan kelima, bisakah dia berinteraksi dengan anak lain seusianya?

Saat di sekolah anak akan berpartisipasi dalam kegiatan individu maupun kelompok. Sehingga kemampuan untuk berinteraksi sangatlah dibutuhkan di sini. Hal ini tentunya akan sulit jika anak bunda tidak siap untuk berinteraksi dan bermain dengan anak-anak lain.

Pertimbangan keenam, apakah anak bunda bisa mengikuti jadwal yang rutin?

Sekolah adalah tempat yang memiliki rutinitas setiap harinya, jadi bunda haruslah yakin bahwa si kecil sudah mampu untuk melalui rutinitas yang berulang. Jangan sampai bunda memaksakan kehendak sehingga dia bosan, stres, atau bahkan mogok belajar.

Pertimbangan terakhir, apa alasan bunda mengirimkannya ke sekolah?

Pikirkan baik-baik tentang apa tujuan Anda untuk mengirimnya ke preschool. Jika alasan utamanya adalah dia sepertinya ingin belajar hal-hal baru tetapi bunda bingung rangsangan yang tepat, atau dia sudah bisa berinteraksi dengan anak-anak lain. Maka itulah waktu yang tepat dia mulai sekolah.

Untuk anak bunda yang masih berusia 2 tahun, tetapi sudah menunjukkan tanda-tanda kesiapan pergi ke sekolah. Bunda bisa mengambil program trial pada saat akan memasukkannya ke preschool.  Agar lebih memantapkan kesiapannya, sehingga tumbuh kembang anak usia 2 tahun menjadi maksimal.

Be the first to comment on "Kapankah Waktu Yang Tepat Anak Masuk ke Preschool?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*