Inilah Jam Tidur Bayi Sesuai Usianya

makalah tumbuh kembang anakSumber: Parents Magazine

Tahukah Ibu bahwa waktu tidur yang dibutuhkan bayi berbeda-beda? Pola dan jam tidur bayi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan usianya. Menurut makalah tumbuh kembang anak yang dibuat para peneliti, kurangnya jam tidur pada bayi dapat mengganggu perkembangan dan kualitas kesehatannya. Pada umumnya, bayi memiliki pola tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa maupun dengan anak-anak yang usianya di atas 5 tahun. Bayi yang baru dilahirkan akan mengisi hari-harinya dengan tidur. Bayi baru akan terbangun ketika dia merasakan lapar, terganggu, pipis atau buang air besar. Seiring bertambahnya usia, bayi mulai mengurangi jam tidurnya.

Dalam makalah tumbuh kembang anak dijelaskan bahwa selain karena tingkatan usia, jam tidur bayi juga bisa terbentuk karena kebiasaan yang diterapkan orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua memiliki peranan penting dalam membiasakan anaknya membentuk pola tidur yang ideal. Di awal kehidupannya pola tidur bayi sedikit berantakan karena bayi masih beradaptasi dengan lingkungan baru. Beberapa bayi terjaga di malam hari dan tidur di siang hari. Ibu harus tahu cara-cara menidurkan bayi agar Ibu tetap punya waktu istirahat di malam hari.

Ibu yang baru memiliki anak perlu banyak belajar tentang cara merawat bayi. Ibu bisa belajar dari orang-orang terdekat, buku, para ahli atau melalui media lainnya yang dapat dipercaya. Jangan sampai Ibu terjebak dalam mitos yang salah tentang tumbuh kembang anak. Selain tentang cara merawat bayi, Ibu juga harus tahu jam tidur ideal bayi sesuai usianya.

Di bawah ini adalah penjelasan tentang jam tidur anak berdasarkan usianya, sebagai berikut :

  1. Usia bayi 1 – 4 minggu

Di usia antara 1 – 4 minggu, bayi memiliki waktu ideal minimal tidur 15 – 16 jam setiap hari. Bahkan tak jarang dijumapi beberapa bayi tidur hingga 18 jam perhari. Untuk bayi yang baru lahir di rentang 0 – 7 hari, belum memiliki pola tidur yang pasti, bayi Ibu belum mengenal waktu siang dan malam. Sehingga tak jarang bayi yang baru lahir bisa sering tidur di siang hari dan bangun di malam hari. Mereka baru mulai belajar untuk beradaptasi dengan waktu setelah 4 minggu dengan estimasi waktu tidur siang selama 7,5 jam dan tidur malam 8,5 jam.

  1. Usia bayi 1–4 bulan

Bayi yang berusia antara 1–4 bulan memiliki waktu tidur sekitar 14–15 jam perhari. Pada usia 1 bulan bayi sudah mulai mengenal pola tidurnya. Pada masa ini bayi sudah mulai bisa merasakan perbedaan waktu antara siang dan malam. Estimasi waktu tidur siangnya 4–5 jam untuk 2 kali tidur. Sedangkan sisanya, bayi menghabiskan waktu 10 jam untuk tidur di malam hari.

  1. Usia 4–12 bulan

Pada usia ini bayi memiliki waktu idealnya untuk tidur sama dengan waktu tidur usia 1–4 bulan tadi yaitu sekitar 14-15 jam perhari. Namun memasuki usia 10 bulan ketika bayi sudah mulai berjalan waktu tidurnya menjadi 12–13 jam perhari. Bayi sudah mulai berinteraksi sehingga terkadang lupa dengan rasa ngantuk dan mengikuti kebiasaan tidur orang dewasa. Pada usia ini Ibu sebagai orang tua sangat berperan dalam memberikan jam tidur yang konsisten. Jika Ibu gagal menerapkan pola tidur yang benar, maka kebiasaan ini akan terus terbawa sampai anak besar nanti sehingga anak susah untuk tidur yang benar. Estimasi waktu tidur bayi usia 4-12 bulan adalah tidur siang selama 2 jam saja dan tidur malam membutuhkan waktu selama 11 jam.

Demikianlah kebutuhan tidur bayi menurut makalah tumbuh kembang anak. Ibu tidak perlu terlalu kaku dalam menerapkannya, sesuaikan dengan kondisi si kecil di rumah. Kualitas tidur yang penting dan harus selalu dijaga, karena sangat berpengaruh dengan kesehatan fisik dan tumbuh kembang bayi Ibu.

Be the first to comment on "Inilah Jam Tidur Bayi Sesuai Usianya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*