Inilah Cara Tepat Mengatasi Mood Di Masa Kehamilan!

mood di masa kehamilanSumber: Lifeberry

Bunda yang sedang hamil tentu pernah mengalami yang namanya perubahan mood di masa kehamilan. Perubahan suasana hati ini memang terjadi. Hal ini dapat terjadi akibat bunda memiliki kekhawatiran atau kecemasan tertentu seperti apakah bunda akan menjadi orang tua yang baik, apakah bayi bunda sehat atau apakah bunda melakukan hal yang benar untuk kesehatan bayi bunda.

Apakah penyebab perubahan mood di masa kehamilan?

Perubahan suasana hati juga bisa diakibatkan oleh stres, kelelahan, dan perubahan hormon hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan sehingga mempengaruhi neurotransmitter (pembawa pesan kimia di otak) yang menentukan terjadinya perubahan suasana hati. Selain itu juga terjadi akibat perubahan metabolisme, ketidaknyaman saat hamil seperti morning sickness, nyeri payudara, pegal-pegal, kurang tidur akibat terbangun dimalam hari karena merasa tidak nyaman.

Perubahan mood ini biasa terjadi sekitar 6 sampai 10 minggu dan akan mereda pada trimester kedua, kemudian muncul kembali mendekati tanggal kelahiran.

Kehamilan memang berpotensi mengubah hidup bunda secara emosional. Memahami dan mengatasi perubahan suasana hati ini akan membantu bunda memiliki pengalaman positif terhadap perubahan mood. Bunda juga harus mengetahui bahwa ledakan emosi ini juga sebagai ajang untuk mempersiapkan diri bunda menghadapi bayi bunda setelah lahir nanti.

Bagaimanakah cara mengatasi mood saat kehamilan?

Bunda dapat mengatasi perubahan suasana hati mulai dari mengingatkan diri sendiri bahwa mood yang berubah-ubah itu normal. Sehingga bunda dengan sendirinya akan mengatasinya dan kembali merasa normal.

  • Cukup tidur. Mendapatkan tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk meminimalisir suasana yang buruk. Karena bunda cenderung mudah memiliki suasana hati buruk bila kurang tidur. Jika bunda sulit tidur di malam hari, bunda bisa mencoba tidur di siang hari.
  • Melakukan hal-hal yang menyenangkan. Dengan bunda melakukan hal yang menyenangkan maka bunda akan terhindar dari stres. Bunda dapat jalan-jalan, menonton bioskop, berbelanja, membaca buku di ruang terbuka atau taman atau hal lain yang bunda senangi lainnya.
  • Berolahraga secara teratur. Berolahraga juga bisa membuat suasana hati bunda membaik. Bunda bisa berjalan-jalan sekitar rumah di pagi hari atau sore hari, berenang, bersepeda santai, mengikuti kelas senam ibu hamil atau yoga.
  • Makanlah dengan baik. Perut yang terisi dengan baik juga dapat mengembalikan mood Bahkan ada istilah yang mengatakan “perut kenyang, hati senang” itu benar agaknya. Mungkin diawal kehamilan bunda akan sulit untuk mengisi perut dengan baik. Hanya saja bunda harus memaksakan dan mencari makanan yang tidak ditolak oleh perut bunda.
  • Mengobrollah dengan pasangan, kerabat atau teman. Cara terbaik untuk mengembalikan moodadalah dengan mengobrol dengan seseorang. Bunda dapat berbagi semua keluh kesah yang selama ini dirasakan. Dengan mencurahkan isi hati bunda dapat menghindari stres atau kecemasan yang sebenarnya tidak perlu bunda rasakan. Mengobrol juga sebagai sarana bunda untuk mendapatkan dukungan dari orang di sekitar.
  • Mintalah pasangan bunda untuk memijat tangan atau kaki bunda. Pijatan lembut, terlebih dari pasangan akan membuat bunda rileks. Saat bunda dalam keadaan rileks inilah yang menjauhkan bunda dari suasana hati yang buruk akibat kelelahan.

Meluangkan waktu berdua dengan pasangan. Memiliki quality time dengan pasangan tentunya akan membuat suasana hati bunda membaik dan mengatasi mood di masa kehamilan. Hal ini juga akan semakin membuat hubungan bunda dan pasangan menjadi lebih harmonis. Bunda bisa berjalan-jalan berdua, makan malam romantis, atau hal yang menyenangkan lainnya.

Be the first to comment on "Inilah Cara Tepat Mengatasi Mood Di Masa Kehamilan!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*