Ciri-Ciri Perkembangan Janin 10 Minggu

Ciri Perkembangan Janin 10 MingguSumber: thanksdokter.com

Usia kehamilan Bunda sudah mencapai 10 minggu ya Bun? Pastinya bakalan tambah senang nih karena akan semakin dekat dengan proses persalinan. Tapi mengingat masih 27 minggu lagi, akan lebih baik apabila Bunda mengetahui perkembangan janin yang terjadi setiap minggu atau bulannya Bun. Selain sebagai tambahan informasi, Bunda juga dapat melakukan hal yang terbaik untuk kandungan Bunda tersebut.

Coba perhatikan apa ada perubahan pada Bunda dan si Kecil? Pasti akan banyak perubahan Bun dari usia kandungan satu bulan hingga sampai sekarang ini. Informasti mengenai ciri perkembangan janin 10 minggu berikut ini tidak hanya mengetahui perubahan apa yang terjadi pada Bunda dan si Kecil saja lho Bun, disini juga akan dibahas apa yang seharusnya Bunda lakukan di usia kehamilan ini. Silahkan disimak.

  • Perubahan pada Bunda

Bagaimana ukuran perut Bunda sekarang? Pasti akan tampak berbeda ketika masih berusia 1 bulan ya Bun. Walaupun perubahan perut Bunda tidak terlalu besar, tetap saja berat si Kecil akan bertambah dan dapat memperberat tubuh Bunda juga.

Secara penampilan mungkin tidak akan terlihat buncit Bun, tapi agar Bunda lebih nyaman dalam beraktivitas, akan lebih baik bila pada usia kehamilan ini Bunda sudah mulai memakai pakaian yang longgar. Ketika bertemu dengan orang yang jarang bertemu, kebanyakan dari mereka pasti akan bilang “kok tambah gendut?” ke Bunda. Well, itu adalah hal yang wajar pada usia kehamilan ini Bun, jadi sabar aja ya.

  • Perkembangan Janin Usia 10 Minggu

Kini si Kecil tidak lagi berbentuk embrio Bun, tapi sudah bisa disebut janin, yang sudah siap untuk menjadi bayi. Bayi pada usia kehamilan ini akan bertambah besar, walaupun tidak terlalu signifikan juga Bun, yaitu memiliki panjang 3 cm dan berat mencapai 4 gram. Tapi, ia kini sudah bisa menendang perut Bunda setiap saat jika ia mau lho. Ia juga akan semakin sering untuk bergerak di dalam perut Bunda.

Lalu bagaimana kondisi tubuhnya? Organ utama seperti jantung, hati, ginjal, otak, kaki, lengan, mata, telinga, hidung, rahang, gigi dan organ lainnya sudah terbentuk. Jantungnya pun sudah dapat berdetak 180 kali dalam satu menit. Dan pada beberapa janin, akan tumbuh juga rambut-rambut halus dan kuku di tubuhnya.

Organ kelamin pun sudah terbentuk, walaupun masih belum sempurna. Dengan hal ini, Bunda sudah dapat melakukan scan untuk mengetahui apa jenis kelamin si Kecil lho. Dengan scan ini, Bunda juga dapat melihat bentuk dari janin Bunda, jangan kaget ya bila ukuran kepala si Kecil hampir 2 kali tubuhnya, ini wajar kok.

  • Apa yang Harus dilakukan?

Bagi Bunda, memang tubuh Bunda akan lebih berat dari biasanya, namun itu bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan apa-apa ya. Setidaknya, cobalah untuk melakukan olahraga kecil, hal ini akan membuat seluruh bagian tubuh Bunda rileks dan tidak tegang, sehingga akan berdampak baik ketika persalinan Bun. Oh ya, sebaiknya Bunda juga mulai memakai pakaian longgar di usia kehamilan ini.

Juga, perbanyaklah makanan sehat dan bergizi, karena apa yang Bunda makan juga akan dimakan si Kecil kan? Semua nutrisi sebaiknya dipenuhi, namun perbanyaklah zat besi dan vitamin C ya. Jadi itulah informasi mengenai ciri perkembangan janin usia 10 minggu, semoga bermanfaat bagi Bunda ya.

Be the first to comment on "Ciri-Ciri Perkembangan Janin 10 Minggu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*