Cemilan Coklat Untuk Anak Usia 4 Tahun

Anak usia 4 tahunSumber: Republika

Kecermatan Ibu dalam memilah milah makanan yang diasup oleh anak sangatlah penting. Bukan sekedar menyediakan apa yang disukai anak saja, tetapi juga memenuhi kandungan nutrisi dan gizi seimbang. Namun, anak yang semakin berkembang dan bertumbuh, terutama anak usia 4 tahun, cenderung menolak makanan yang tidak dia suka. Anak juga akan meminta makanan lebih dari yang biasa. Di luar dari waktu-waktu teratur yang sudah ditetapkan.

Anak usia 4 tahun cenderung aktif dan penuh energi. Memiliki rasa ingin tahu yang luar biasa. Sudah mampu untuk bersosialisasi dan menyukai bermain dengan teman sebayanya. Tidak jarang mereka bahkan lupa waktu ketika sudah melakukannya. Rasa lapar bisa saja menyapanya tanpa kenal waktu. Demi untuk mengisi rasa lapar yang menderanya, saat waktu makan belum tiba, tidak ada salahnya Ibu menyediakan cemilan sehat untuknya. Di usia ini juga jangan dibiasakan baginya jajan di luar, apalagi Ibu tidak mengetahui kandungan makanan tersebut. Karena bisa saja jajanan tidak sehat untuk anak dan mengandung bahan yang mengkhawatirkan kondisi mereka.

Memberikan coklat sebagai cemilan anak bagi sebagian orang tua mungkin akan dihindari. Beberapa alasan, terutama takut kerusakan pada bagian giginya. Namun tahukah Ibu, coklat ternyata sangat bagus bagi pertumbuhan anak, terlebih di masa pertumbuhan usia 4 tahun. Kandungan coklat mampu untuk membangkitkan gairah dan semangat yang dimiliki oleh anak yang mengkonsumsinya. Melindungi perkembangan sel-sel di dalam tubuh. Kandungannya yang kaya akan protein dan juga glukosa, sangat membantu dalam pemberian energi pada tubuhnya yang selalu bergerak aktif. Coklat juga mengandung magnesium dan kalsium tinggi yang akan membantu memperlancar pencernaannya dan juga menguatkan tulang-tulangnya.

Coklat memang mudah ditemukan, namun tidak ada salahnya Ibu mengkreasi sendiri cemilan coklat dengan memadukannya dengan  bahan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.

Puding coklat susu

Siapkan semua bahan dan campur jadi satu.

  • 1 bungkus agar-agar coklat
  • 3-5 sendok makan coklat bubuk
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • 600 ml air putih
  • 3 sdm gula

Semua bahan yang telah tercampur, masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah masak, hilangkan panasnya kemudian tuang ke dalam cup-cup kecil yang telah disediakan. Biarkan menjadi padat kemudian sajikan sebagai cemilan anak.

Pisang coklat

Memilih pisang sebagai perpaduan bahan dalam pengolahan cemilan dari coklat, dikarenakan pisang sangat mudah diserap oleh tubuh dan memberikan energi. Kaya akan vitamin dan mineral, serta memiliki serat yang tinggi. Sangat bagus untuk dikonsumsi anak usia 4 tahun yang selalu bergerak lincah.

  • Kupas pisang dan bersihkan dari serat yang menempel. Masukan stik eskirm ke dalam daging pisang. Biarkan di freezer selama kurang lebih 1 jam
  • Lelehkan coklat dengan cara di tim di atas api kecil. Aduk terus hingga semua bagian coklat mencair kental. Tambahkan cincangan kacang almond. Angkat.
  • Keluarkan pisang dari freezer, kemudian celupkan ke dalam coklat. Bisa juga taburkan meses di atasnya agar lebih meriah dan menarik perhatian. Biarkan coklat kembali mengeras.
  • Siap disajikan pada buah hati Ibu.

Pemberian cemilan kepada anak haruslah sesuai dengan porsinya, tidak boleh berlebihan. Konsumsi coklat yang diberikan kepada anak usia 4 tahun memiliki batasnya tersendiri. Dan jangan pernah memberikan porsi coklat sebanyak  untuk orang dewasa. Karena hal inilah yang akan menganggu kesehatan anak.

Be the first to comment on "Cemilan Coklat Untuk Anak Usia 4 Tahun"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*