Bunda Perlu Memperhatikan Hal Ini Bila Perkembangan Janin Memasuki Usia 11 Minggu!

Tumbuh Kembang JaninSumber: babycenter.com

Perkembangan janin setiap minggunya akan mengalami peningkatakan. Tahapannya menjadi lebih sempurna. Terutama jika sudah memasuki usia 11 minggu kehamilan.

Asupan makanan menjadi kunci bagi perkembangan bayi dalam kandungan. Asupan akan dimanfaatkan oleh bayi. Nutrisi lengkap membuat perkembangannya menjadi lebih baik. Oleh karenanya, ibu perlu menyeleksi makanan yang syarat akan nutrisi terbaik.

Nutrisi terbaik akan bermanfaat penuh bagi ibu dan bayi. Semasa kehamilan ataupun sesudahnya harus selalu dipertimbangkan. Hal ini bertujuan mulia, yaitu menjaga tumbuh kembang bayi itu sendiri. Mengenai masa krusial pada masa kehamilan, tentu usia kehamilan muda adalah jawabannya. Usia demikian bakalan menentukan apakah janin bisa bertumbuh atau tidak. Terutama jika sudah memasuki usia 11 minggu.

Perkembangan bayi usia 11 minggu dalam kandungan sudah mulai meningkat. Ibu setidaknya bisa lebih ceria karena janin dalam kandungan sudah mulai terlihat. Lalu, seperti apa bentuknya?

Gambaran Janin Usia 11 Minggu

Rasanya memang tidak sabar jika menunggu bayi dilahirkan. Setiap ibu selalu mengharapkan lebih cepatnya kedatangan bayi di tengah-tengah keluarga. Minimal, ini menjadi sumber kebahagiaan dalam rumah tangga.

Sebelum melahirkan bayi, ibu perlu mengandung. Prosesnya harus dijalani. Misalnya hadirnya janin dalam kandungan, kemudian janin berkembang selama masa kehamilan. Pada usia kehamilan 11 minggu, janin sudah mulai bergerak. Gerakannya mungkin saja belum dirasakan oleh ibu. Tapi, faktanya janin sudah bisa melakukannya lantaran beberapa organ tubuh sudah mulai bagus.

Contohnya adalah tangan janin sudah bisa digunakan untuk mengepal dan tidak. Selain itu, tulang sudah mulai mengeras, tangan serta kaki sudah di depan tubuh, kuku bahkan tunas gigi sudah mulai terbentuk.

Pertumbuhan janin semacam ini memang mencirikan kalau janin tumbuh dengan normal. Tak mengherankan jika ibu mengandung bisa tersenyum lebar. Tentunya jika melihat adanya pergerakan dan pertumbuhan janin yang ada dalam kandungannya.

Keadaan Ibu Semasa Hamil Usia 11 Minggu

Semakin berkembangnya janin, ibu juga akan mengalami kondisi yang beda dari sebelumnya. Ada keadaan dimana ibu bisa mengalami ketidaknyamanan. Tetapi, ini adalah kondisi yang normal. Salah satu ketidaknyamanan ibu selama memasuki usia kehamilan 11 minggu, ibu biasanya akan mengalami konstipasi. Ini merupakan keadaan dimana ibu akan mengalami kesulitan buang air besar hingga wasir saat hamil.

Kemudian, ibu juga masih mengalami rasa mual. Mual ini bisa mempengaruhi keadaan ibu. Misalnya adalah bobot ibu semakin rendah. Pasalnya, asupan makanan tidak dimanfaatkan secara sempurna oleh tubuh. Selain itu, rasa kembung juga akan sering dirasakan. Hal ini disebabkan oleh penumpukan gas di dalamnya. Penumpukan gas ini diakibatkan oleh meningkatnya aktifitas hormon progesterone.

Upaya Menghindari Ketidaknyamanan Selama Mengandung 11 Minggu

Pertumbuhan bayi 11 minggu dalam kandungan bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi ibu. Tetapi, hal ini bisa ditangani. Setidaknya, penanganan memang harus dilakukan sebagai tindakan menjaga janin. Salah satu penanganannya adalah mengkonsumsi makanan berserat. Ini dipilih untuk menghindari masalah sulitnya buang air besar. Karena, zat sisi bila tidak dibuang bisa menjadi racun dalam tubuh.

Kemudian bila masalahnya adalah enggan mengkonsumsi makanan, cara terbaik adalah menyeleksi makanan yang kaya akan nutrisi. Perhatikan jumlah nutrisinya dibandingkan jumlah makanannya. Selanjutnya adalah jangan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan gas. Contohnya adalah menghindari makanan seperti kacang atau makanan bergas. Ada baiknya memilih makanan sehat lainnya.

Kesimpulannya, janin sudah semakin sempurna dan biasanya sudah mulai memberikan gerakan di dalam rahim. Supaya perkembangannya terus meningkat, asupan makanan sehat harus disediakan. Jadi, cukupi kebutuhan janin supaya perkembangan janin lebih sempurna.

Be the first to comment on "Bunda Perlu Memperhatikan Hal Ini Bila Perkembangan Janin Memasuki Usia 11 Minggu!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*