Bermain Dengan Puzzle Anak Untuk Melatih Daya Ingat Dan Motoriknya

perkembangan anak usia 4 tahunSumber: YoungParents

Mum, bermain bersama anak terkadang menjadi satu hal yang sangat langka saat ini. Tidak lain dan tidak bukan adalah kemajuan teknologi yang lebih mendominasi anak-anak. Kesibukan orangtua yang tidak kalah hebatnya harus tetap terkejar demi keberlangsungan hidup keluarga. Padahal bermain bersama anak merupakan satu waktu yang sangat berharga. Selain dapat menambah erat hubungan antar keluarga, ternyata bermain bersama anak juga dapat meningkatkan daya ingat juga system motoriknya. Sebut saja seperti bermain puzzle anak, tidak memerlukan biaya yang banyak tetapi memiliki banyak manfaat.

Bermain puzzle anak saat ini seperti sudah lumayan susah untuk ditemukan, tetapi kalau Mum kreatif ternyata puzzle dapat dibuat sendiri lho! Seperti yang aplikasi yang disediakan Friso yakni Friso Heavy Machineries Puzzle.

Sebelum Mum memulai untuk membuat puzzle, ada baiknya Mum tahu terlebih dahulu apa saja manfaat yang didapatkan dari bermain puzzle bersama anak. Diantaranya adalah:

  1. Melatih anak memecahkan masalah.
    Permainan ini dapat membantu anak-anak untuk berpikir dengan cara yang berbeda agar dapat menyelesaikan potongan demi potongan puzzle. Tidak hanya itu saja, puzzle juga membantu anak mencapai tujuan dan memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan, sehingga membuat anak ingin menyelesaikan lebih banyak puzzle lagi. Hal ini juga akan membuat anak lebih tertarik untuk belajar di sekolah dan menyelesaikan tugas dengan lancar.
  2. Mengembangkan Kordinasi Mata dan Tangan Anak
    Puzzle umumnya untuk anak-anak hadir dengan bermacam bentuk, warna dan gambar. Hal ini dilakukan adalah untuk membantu anak meningkatkan kordinasi antara tangan dan mata mereka. Dengan cara yang berbeda-beda menempatkan potongan puzzle membantu anak menyelesaikan puzzle dengan cara mereka sendiri. Cara ini ternyata membuat anak belajar melibatkan gerakan dan konsentrasi serta mengenali apa yang terlihat pada waktu bersamaan.
  3. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak
    permainan asah otak yang mengharuskan anak mengambil sesuatu, membuat garis dan memindahkan barang tanpa membuatnya rusak, hal ini sama saja dengan meningkatkan keterampilan motorik mereka. Puzzle juga akan membantu anak mengontrol gerakan dan meletakkan sesuatu sesuai tempatnya, tidak hanya dasar motorik saja. Pengembangan keterampilan motorik ini pun melatih anak melakukan hal-hal dasar seperti makan dan belajar menulis dengan baik.
  4. Pengembangan Keterampilan Kognitif
    Saat bermain puzzle, anak akan mengenal bentuk dan ukuran serta warna berbeda pada puzzle. Pastinya hal tersebut dapat membantu anak belajar untuk meletakkan segala sesuatu secara bersamaan dan harmonis, secara otomatis membuat keterampilan kognitif anak terlatih. Bermain puzzle akan membantu anak dengan dasar-dasar yang diperlukan untuk sekolah dan kehidupannya nanti, termasuk alfabet, berhitung dan mengenal nama-nama objek.

Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat puzzle anak, setelah Mum mendownload Friso Heavy Machineries Puzzle adalah:

  • Kertas A4
  • Gunting
  • Lem
  • Kertas karton
  • Dan gadget untuk memandu pembuatan puzzle

Cara membuatnya pun cukup mudah, Mum hanya perlu mengikuti arahab yang di tunjukkan oleh Friso Heavy Machineries Puzzle. Semua segala bentuk puzzle anak sudah tersedia banyak. Ada banyak pilihan yang pastinya tidak membuat anak-anak bosan. Dan yang pasti dapat menjadi tambahan koleksi puzzle untuk anak-anak juga Mum dan Ayah dirumah.

Bagaimana, cukup mudah bukan Mum membuat puzzle untuk bermain dengan anak dirumah? Tidak perlu mahal yang terpenting kebutuhan anak akan keterampilan motoric dan kognitifnya dapat terpenuhi. Karena keluarga adalah nomor satu, kalau bukan Mum yang mulai, siapa lagi?

Be the first to comment on "Bermain Dengan Puzzle Anak Untuk Melatih Daya Ingat Dan Motoriknya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*