Bekal Mudik Ramadan: Bubur Bayi sampai Kotak Kesehatan

bubur bayi 6 bulanSumber: GoToddler

Persoalan mudik buat Bunda seiringkali jadi persoalan yang memusingkan, terlebih kalau si kecil masih berusia 6 bulan. Mulai dari kepikiran bubur bayi 6 bulan yang cepat dibuat dan mudah dikemas, sampai kotak P3K supaya kalau ada yang sakit di jalan, Bunda sudah siaga dan siap sedia. Nah, siapa sangka Bunda dapat menyiapkan semua keperluan itu dengan cepat dan ringkas? Yuk, simak cara-cara di bawah ini.

Untuk soal makanan si kecil, Bunda memang harus menyiapkan bubur bayi kalua si kecil masih baru saja berusia 6 bulan. Tentunya pada masa tersebut, si kecil yang baru mengenali Makanan Pendamping ASI (MPASI), sebaiknya tetap dibiasakan meskipun dalam perjalanan jauh. Nah, tapi saat ini Bunda tidak perlu kerepotan untuk menyiapkan bubur bayi buat si kecil. Bunda tidak perlu lagi membawa bahan mentah, air panas kemana-mana dan mangkok untuk makan. Bunda bisa membeli bubur instan buat si kecil yang masih berusia 6 bulan di minimarket selama perjalanan.

Kalau Bunda merasa kotak dari bubur instan bayi itu akan memakan tempat, Bunda dapat mengeluarkan isinya dan menyiapkan kotak bekal dari rumah. Bunda cukup mengambil kemasan alumunium foil yang ada di dalam, dan menaruhnya di dalam kotak bekal. Dengan begini, Bunda bisa hemat tempat dan tidak perlu membawa kardus bubur bayi kemana-mana. Selain itu, saat akan menyuapi si kecil nanti, Bunda dapat langsung menggunakan kotak bekal sebagai mangkuk makan buat si kecil. Praktis, kan?

Untuk urusan baju dan popok, Bunda dapat meletakkannya di dalam tas khusus perlengkapan bayi. Tujuannya agar keperluan si kecil tidak tercampur, terlebih lagi kalau si kecil buang air sewaktu-waktu. Di dalam tas ini, barang-barang yang Bunda siapkan tidak perlu terlalu banyak ya, Bun. Alih-alih menjadi solusi saat perjalanan, Bunda justru mengurangi tempat buat barang bawaan si kecil. Untuk popok, Bunda tidak perlu membawa popok dalam jumlah satu pak besar. Saat ini berbagai merk popok telah menyediakan kemasan ekonomis yang berisikan kurang dari 30 pcs dalam satu paknya. Dengan kemasan ekonomis ini, Bunda tidak perlu memakan banyak tempat dalam tas perlengkapan si kecil.

Kalau Bunda merasa perlu membawa perlengkapan kebersihan seperti sabun mandi, sikat gigi, sabun bayi, maupun barang-barang sejenis, Bunda dapat menggunakan tas atau kantong kecil yang nantinya mudah diselipkan ke dalam tas berpergian Bunda. Jadikan satu antara peralatan kebersihan si kecil, kecuali tisu basah dan sabun, dengan peralatan mandi Bunda, ya.

Untuk urusan baju, biasanya Bunda super khawatir. Dalam perjalanan tidak menutup kemungkinan kalau si kecil akan ekstra berkeringat, sering pipis, dan bahkan muntah karena mabuk perjalanan. Untuk mengatasi hal ini Bunda akan menyiapkan baju ganti ekstra dan ini harus ya, Bun. Untuk menghitung berapa banyak jumlah baju yang Bunda perlukan, Bunda harus mempertimbangkan akan berapa lama berada di jalan. Kalau lebih dari 10 jam perjalanan, perlu menyiapkan lebih dari 10 baju ganti di dalam tas si kecil.

Urusan kotak kesehatan atau kotak P3K, perhatikan jenis obat-obatan yang pelu Bunda siapkan, ya. Yang jelas Bunda harus sedia obat anti mabuk agar dapat mengurangi kepenatan selama perjalanan, obat merah, minyak angin, kapas, tisu, dan tisu basah. Kalau Bunda merasa masih perlu menambahkan berbagai keperluan lain, Bunda bisa langsung memasukkannya ke dalam koper atau tas besar saja. Kotak kesehatan ini tujuannya adalah supaya Bunda dapat berjaga-jaga selama perjalanan saja, kok.

Yang terpenting selama perjalanan adalah kondisi fisik yang prima dan kendaraan yang aman. Persoalan bubur bayi 6 bulan untuk makan si kecil sampai kotak P3K dapat dengan mudah diatasi asalkan Bunda menyiapkan semuanya sesuai dengan kebutuhan.

Be the first to comment on "Bekal Mudik Ramadan: Bubur Bayi sampai Kotak Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*