Bayi Usia 14 Bulan: Bagaimana Perkembangan Sensoriknya?

Perkembangan bayi usia 14 bulanMomJunction.com

Perkembangan bayi usia 14 bulan tentunya sangat menakjubkan untuk bunda. Karena pada usia ini bayi Anda sudah bisa melakukan hal-hal seperti melambaikan tangan saat akan berpisah dengan Anda atau dengan orang-orang yang dia kenal, dia juga sekarang sudah bisa berdiri sendiri, dan bahkan mungkin sudah bisa berjalan tanpa bantuan atau dengan bantuan dari Anda. Dan tentunya tidak hanya itu saja perkembangan yang dia tunjukkan, masih banyak lagi perkembangan bayi Anda yang bisa membuat Anda lebih takjub lagi, terutama perkembangan sensoriknya.

Pada usia 14 bulan ini perkembangan sensorik juga terus berkembang. Dan tugas Anda untuk memberikan stimulus, agar perkembangannya semakin terarah dan terasah.

  • Penglihatan

Penglihatan bayi adalah sesuatu yang kompleks dan berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu. Pada usia 14 bulan ini, perkembangannya cukup pesat. Bayi Anda sudah bisa melihat benda yang bergerak dengan cepat. Walaupun perkembangannya belum sempurna pada orang dewasa, kira-kira pada usia 15-18 bulan barulah bisa sesempurna orang dewasa.

Pada usia 14 bulan, umumnya si kecil akan senang untuk merangkak atau belajar, hal itu juga akan melatih koordinasi matanya. Saat itulah bayi akan mulai dapat memperkirakan jarak pandang saat merangkak atau berjalan untuk mengapai atau menghampiri sesuatu.

Anda juga memberinya stimulus untuk penglihatannya dengan bermain dengannya. Karena pada usia ini, si kecil senang melemparkan benda-benda dengan jarak pandang tertentu untuk diambilnya kembali. Anda dapat memanfaatkannya dengan memegang mainan favoritnya dengan jarak tertentu dan menarik perhatiannya dengan memanggil namanya untuk mengambil mainan tersebut. Hal itu juga akan melatih pendengarannya.

  • Pendengaran

Pada usia 14 bulan ini, bayi sudah mampu untuk mengerti beberapa kelompok kata atau bahkan mulai mengenali lagu favoritnya yang memang sering Anda putarkan untuknya. Bahkan bayi Anda juga sudah mampu untuk membedakan suara bunda, ayah, atau orang lain di sekitarnya.

Anda bisa memberikan stimulasi dengan cara terus mengajaknya bicara, membacakannya cerita, memainkan musik tertetu, atau bernyanyi lagu anak-anak. Hal ini selain menstimulasi perkembangan pendengarannya juga untuk melatih kemampuannya mengenal kata, yang bisa dia gunakan untuk berkomunikasi.

Anda juga bisa mengecek seberapa baik pendengaran bayi Anda dengan cara memintanya untuk menunjukkan benda-benda yang sudah dikenalnya atau gambar-gambar yang sudah biasa dia lihat dalam buku, seperti “Mana burung? Coba kasih tahu Bunda!” Tes ini selain untuk pendengaran juga bisa untuk mengasah penglihatan dan kemampuan bahasanya.

  • Sentuhan atau peraba

Pada usia 14 bulan ini bayi Anda akan banyak menghabiskan waktunya untuk menyentuh benda-benda di sekelilingnya. Karena sentuhan adalah alat belajar yang penting bagi bayi Anda dan merupakan salah satu cara dia mengingat detail tentang berbagai objek.

Salah satu cara yang menyenangkan untuk membuat si kecil untuk mengeksplorasi sentuhannya adalah dengan mengumpulkan berbagai benda secara berpasangan. Misalnya, dua pensil yang belum diraut, dua kain, dua lembar amplas, dua kulit kayu, dan lain sebagainya-semakin seragam semakin baik-dan letakkan pada wadah tertentu untuk masing-masing benda. Kemudian biarkan bayi Anda untuk menjelajahi objek yang telah Anda siapkan. Dan bantu juga dia untuk tahu mana benda yang kasar, halus, dan lembut.

  • Rasa

Pada usia 14 bulan ini Anda bisa lebih mengenalkan tentang rasa makanan dengan memberinya makanan baru dan dengan tekstur yang berbeda, tentunya dengan makanan yang memiliki semua nutrisi yang dia butuhkan. (baca juga: makanan anak usia 15 bulan)

Jika bayi Anda menolak makanan yang Anda berikan, cobalah untuk ikut memakannya dan cobalah menunjukkan padanya kalau makanan itu enak, bayi Anda pasti tertarik untuk mencobanya. Anda juga bisa sedikit demi sedikit memperkenalkan tentang rasa makanan yang berbeda, Anda juga bisa menyebutkan rasa makanan itu terlebih dahulu misalnya “Buburnya gurih loh, sayang!”

  • Bau

Pada perkembangan bayi usia 14 bulan ini, bayi Anda sudah mengenal bau yang enak dan tidak. Ia akan cenderung menjauhi bau yang tidak sedap. Anda bisa memperkenalkan bau-bauan misalnya saat mengantikannya popok Anda bisa mengatakan “popoknya adik baunya nggak sedap ya” atau saat di taman Anda bisa mengambilkan bunga yang memiliki wangi yang harum dan mendekatnya pada bayi Anda sambil mengatakan “bunga mawar baunya harum loh.”

Be the first to comment on "Bayi Usia 14 Bulan: Bagaimana Perkembangan Sensoriknya?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*