Bahan Alami Untuk Mengatasi Flu Ibu Menyusui

obat flu untuk ibu menyusuiSumber: Standard.co.uk

Pada saat menyusui, banyak pantangan atau larangan yang harus diperhatikan oleh Ibu. Bahkan tanpa ada pemberitahuan pun, Ibu cenderung memilih-milih makanan yang akan diasupnya. Para Ibu sangat sadar, apa yang masuk ke dalam tubuhnya sangat mempengaruhi kondisi ASI yang akan disalurkan pada anaknya. Termasuk pada saat mengalami sakit ataupun flu. Tentu tidak bisa mengkonsumsi sembarang obat hanya untuk membuat tubuh fit kembali. Obat flu untuk Ibu menyusui tidak bisa menggunakan obat flu yang biasa didapat di toko-toko dekat rumah. Paling tidak, harus melalui resep dokter agar tidak terlalu banyak mempengaruhi ASI dan anak.

ibu yang menyusui memang mudah kelelahan, hal inilah yang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Selain melakukan pengobatan dengan resep dokter, Ibu yang memiliki kekhawatiran besar terhadap pengaruh obat pada ASI, bisa memilih alternatif obat flu untuk Ibu menyusui dengan cara alami. Dari bahan-bahan yang tidak akan memberikan efek samping dan mudah ditemukan.

Sebelum Ibu melakukan pengobatan flu dengan bahan-bahan alami, ada baiknya mengenali terlebih dahulu fakta dan mitos Ibu menyusui seputar pantangan makanan yang ada. Agar lebih berhati-hati dalam mengolah bahan yang akan dipilih. Walaupun menurut beberapa penelitian, untuk mengoptimalkan kuantitas dan kualitas produksi ASI tidak terdapat pantangan yang berarti, namun tidak ada salahnya untuk mempelajarinya. Demi Ibu dan perkembangan buah hati juga.

Bahan alami yang bisa digunakan Ibu menyusui sebagai obat flu, antara lain:

  1. Jahe

Pada cuaca yang dingin, terlebih di musim hujan seperti saat sekarang ini, jahe akan sangat nikmat dikonsumsi untuk menghangatkan badan. Namun, tahukah Ibu, bahwa kandungan yang terdapat pada jahe dapat membantu meringankan gejala flu dengan cara yang alami. selain itu, jahe juga dapat memperlancar aliran darah di tubuh.

  1. Jeruk nipis

Pada saat Ibu terkena flu, vitamin C sangat dibutuhkan untuk meredakan gejala flu yang sedang Ibu alami. Memilih jeruk nipis sebagai bahan obat flu untuk Ibu menyusui sangat tepat. Karena kandungan vitamin C nya yang tinggi akan sangat membantu Ibu. Peraslah air jeruk nipis dengan menambahkan air hangat ke dalamnya. Konsumsi secara teratur hingga flu benar-benar hilang.

  1. Teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau pada saat menyusui selain akan memberikan kehangatan pada tubuh, juga akan memberikan ketenangan saat mengkonsumsinya. Untuk Ibu yang sedang menyusui, teh hijau juga bagus digunakan sebagai obat flu alami. Untuk meredakan gejalanya, selain dengan cara meminumnya selagi hangat, hiruplah uap panas dari teh hijau. Hal ini akan membantu mengatasi hidung Ibu yang tersumbat akibat flu

  1. Madu

Rentannya Ibu menyusui tehadap penyakit, membuat Ibu harus pandai dalam menjaga kondisi tubuh. Melakukan pengobatan pada saat sakit memang suatu keharusan, namun alangkah baiknya melakukan pencegahan terlebih dahulu. Konsumsi madu setiap pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar tidak mudah terserang flu dan juga penyakit lain yang bisa datang kapan saja.

  1. Minum air hangat

Pada saat menyusui, Ibu cenderung kehilangan banyak cairan tubuh. Ditambah lagi dengan kehadiran flu yang melanda, akan semakin membuat Ibu membutuhkan banyak cairan agar produksi ASI tetap terjaga. Perbanyak minuma air hangat, baik sekedar air putih biasa ataupun susu hangat. Ini akan sangat membantu dalam meringankan gejala flu, melegakan hidung tersumbat dan mengatasi gatal-gatal di tenggorokan.

Walaupun Ibu sudah mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat flu untuk Ibu menyusui, namun mencegah hal tersebut datang lebih baik. Perbanyaklah istirahat dan penuhi nutrisi Ibu dengan gizi yang baik. Perbanyak minum air dan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C. Karena kesehatan Ibu sangat berpengaruh pada kesehatan buah hati Ibu juga.

Be the first to comment on "Bahan Alami Untuk Mengatasi Flu Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*