Bagaimanakah Perkembangan Janin Usia 30 Minggu?

perkembangan janin usia 30 mingguSource: babycenter.com

Selamat bunda! Kehamilan bunda kini sudah sampai pada usia awal menuju bulan ke delapan atau berada ditrimester ketiga. Bunda tentunya sangat antusia dalam menanti hari bahagia yang sebentar lagi akan Anda jelang. Kelahiran buah hati yang selama ini Anda nantikan hanya tinggal menunggu minggu saja. Rasa penasaran bunda tentang buah hati yang selama ini Anda kandung sebentar lagi akan terjawab, bunda akan tahu seperti apakah janin yang selama ini berada di rahim dan berbagi hidup dengan bunda.

Bayi Anda sekarang sudah mengalami perkembangan janin usia 30 minggu, bayi Anda memiliki panjang sekitar 15,7 inci dan beratnya hampir 3 pon (kira-kira seukuran kubis besar). Bayi Anda minggu ke-30 ini dikelilingi oleh satu setengah liter cairan ketuban, tapi volume itu akan menyusut saat dia bertambah besar dan membutuhkan lebih banyak ruang di rahim Anda. Penglihatannya terus berkembang, meski tidak begitu tajam. Saat minggu ke-30 ini janin Anda nantinya akan membuka matanya, dia akan merespons perubahan secara ringan, yang berarti dia hanya bisa melihat benda beberapa inci dari wajahnya.

Perkembangan penting lainnya yang terjadi pada minggu ke-30 ini adalah sumsum tulang yang sudah dapat memproduksi sel darah merah. Perkembangan pada minggu ini akan menjadi pelengkap bayi Anda untuk bertahan hidup dengan sendirinya setelah kelahiran.

Minggu ke-30 ini lapisan lemak putih terus terbentuk di bawah kulit, memberikan bayi Anda perlindungan, sehingga penampilan kulitnya terlihat lebih tebal. Lipatan kulit yang semula kendur kini secara bertahap telah terisi sehingga kulit berubah menjadi halus dan tebal. Kuku jarinya pada minggu ini juga hampir mencapai ujung jari, sementara bulu matanya sepenuhnya sudah terbentuk.

Tendangan dan pukulan bayi Anda pada minggu ke-30 ini sudah cukup memberikan gambaran tentang kekuatannya yang terus bertambah. Beberapa tendangannya mungkin juga justru sedikit menyakitkan untuk Anda. Pada minggu ini Anda mungkin sudah terbiasa dengan siklus bangun tidur dan pola pergerakannya. Pastikan untuk mengambil beberapa waktu tenang setiap hari untuk kick counting guna memastikan semuanya baik-baik saja dengan bayi Anda.

Pada minggu ini adalah normal jika bayi sekarang berada dalam posisi sungsang (kaki ke bawah) atau melintang (berbaring miring) karena masih banyak waktu baginya untuk memposisikan diri dengan benar untuk kelahiran.

Bagi bunda, pada perkembangan janin usia 30 minggu ini mungkin merasakan beberapa gejala berikut:

  1. Gangguan pencernaan, seperti mulas dan sembelit
  2. Kembung
  3. Merasa kehabisan napas, akibat dari tekanan bayi Anda yang semakin membesar
  4. Nyeri di tulang rusuk, karena rahim yang berkembang akibat janin yang ikut berkembang memberikan tekanan pada tulang rusuk Anda
  5. Kulit gatal di sekitar perut akibat peregangan pada kulit perut
  6. Perubahan kulit seperti tanda gelap atau ruam pada area tertentu
  7. Perubahan suasana hati atau moodyang akan kembali Anda rasakan, bahkan beberapa wanita tidak hanya mengalami suasana hati yang naik turun namun juga depresi
  8. Kelelahan, hal ini akibat tubuh harus menanggung berat akibat lonjakan perkembangan janin dan bertambahnya berat tubuh Anda
  9. Kehilangan nafsu makan, sebagian karena perubahan kadar hormon dan rahim yang terus berkembang
  10. Kesulitan tidur
  11. Sering buang air kecil
  12. Nyeri ligamen
  13. Nyeri panggul
  14. Sendi (lutut, rahang, pinggul dll) mengalami nyeri dan juga nyeri punggung
  15. Sakit pada tulang ekor
  16. Kontraksi braxton hicks
  17. Pembengkakan atau edema pergelangan kaki akibat retensi air dan peningkatan volume darah
  18. Varises dan wasir
  19. Payudara lembut, bocornya cairan kekuningan atau kolostrum (persiapan menyusui)
  20. Stretch mark

Be the first to comment on "Bagaimanakah Perkembangan Janin Usia 30 Minggu?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*