Apa Sih Manfaat Minyak Zaitun Bagi Bayi?

Tips memijat bayiSource: pixabay.com

Siapa yang tak kenal dengan minyak zaitun? Minyak zaitun memang telah lama dikenal penggunaannya. Minyak ini didapat dari buah pohon zaitun (olea europaea) yang banyak tumbuh di mediterania dan sekitarnya. Warna buahnya bulat hijau ketika masih mentah, dan berubah kekuningan jika sudah mulai matang. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung:
•    Kalori: 119
•    Lemak: 13.50gm
•    Karbohidrat: 0
•    Lemak jenuh: 2gm
•    Serat: 0
•    Protein: 0
•    Vitamin E: 1,8mg
•    Vitamin K: 8,1 mikrogram

Minyak zaitun mengandung nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Dengan menggunakan minyak zaitun maka tips-tips memijat bayi pun akan terasa manfaatnya. Seperti kita tahu, minyak zaitun terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan, kulit, dan rambut.

Memanjakan bayi dengan pijatan halus dan lembut  adalah waktu yang berkualitas untuk memperkuat ikatan orang tua dengan bayi. Pijat menenangkan si Kecil dan memperbaiki kualitas tidur, pertumbuhan, dan kesehatannya.
Aspek penting dalam pijat bayi adalah adalah pemilihan minyak yang tepat. Banyak orang tua telah menggunakan minyak zaitun untuk pijat bayi tanpa masalah atau keluhan. Berikut adalah beberapa manfaat pijat minyak zaitun untuk bayi.

•    Minyak zaitun diketahui membuat kulit bayi halus, berkilau, dan sehat. Minyak zaitun adalah lotion manikur yang bagus dan pelembab sempurna untuk kulit bayi.
•    Minyak zaitun memiliki kekuatan regeneratif di atas jaringan kulit dan membantu menjaga kulit tetap kencang.
•    Minyak zaitun dapat membantu mempertahankan warna kulit yang baik, meningkatkan kesehatan tulang, dan otot.

  • Mengurangi sembelit pada bayi dengan cara menggosokkan minyak zaitun hangat ke perut bayi dengan gerakan searah jarum jam. Cara ini adalah untuk mencegah gas dan memastikan tidur si bayi menjadi nyenyak.
  • Mengatasi  ruam popok. Dengan cara mencampur dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan air. Gosokkan pada telapak tangan dan usapkan secara perlahan pada alat kelamin dan bokong bayi.
  • Sebagai  pengobatan rumah alami untuk batuk pada bayi . Ketika bayi sakit, ASI adalah pengobatan yang terbaik. Tambahannya, Ibu bisa membantu penyembuhan dengan menggunakan minyak zaitun sebagai minyak gosok. Campur tiga sampai empat sendok teh minyak zaitun dengan dua sampai tiga tetes rosemary, eucalyptus, dan minyak peppermint. Gosokkan campuran di dada dan punggung bayi. Lakukan sebelum bayi tidur agar tidurnya nyenyak.

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun, sangat dianjurkan agar Anda mengetahui cara memijat bayi dengan benar karena akan membantu keaktifan bayi Anda. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun bukanlah pilihan yang bagus untuk bayi yang memiliki kulit kering, dan apabila digunakan berlebihan dapat membuat kulit bayi Anda menjadi gelap. Mereka yang memiliki riwayat eksim dalam keluarga juga harus menghindari memijat bayi dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun juga diketahui mengandung asam lemak yang disebut asam oleat, sehingga membuat kulit menjadi lembut dan lentur. Akan  tetapi disamping itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan kelembaban, yang bisa berbahaya bagi bayi Anda jika dia menderita masalah kulit seperti eksim.

Penting untuk diingat bahwa kulit bayi lebih halus dan lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Itulah sebabnya, sangat penting untuk memilih minyak zaitun yang baik untuk kulit bayi. Biasanya memijat bayi dengan menggunakan minyak zaitun bukanlah pilihan yang baik. Jangan khawatir, dalam dalam beberapa kasus, penggunaan minyak zaitun bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit asalkan sesuai dengan tips memijat bayi yang benar.

Be the first to comment on "Apa Sih Manfaat Minyak Zaitun Bagi Bayi?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*