Apa Sajakah Khasiat Air Susu Ibu Bagi Si Kecil?

susu ibuSumber: FitPregnancy

Air Susu Ibu (ASI) sangat baik untuk bayi Anda dan memberikan banyak manfaat. Selain mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda dalam enam bulan pertama kehidupannya, ASI juga memiliki zat yang berguna untuk melindungi bayi Anda dari penyakit. Hal inilah yang menyebabkan American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI eksklusif untuk enam bulan pertama.

Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat pemberian ASI bagi si kecil.

  • Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi Anda, terbukti dapat mencegah beberapa penyakit, diantaranya virus yang menyerang pencernaan, penyakit yang menyerang saluran pernapasan bagian bawah, infeksi telinga, dan meningitis.
  • Hasil penelitian dari National Institute of Environmental Health Sciencesmenunjukkan bahwa bayi yang diberikan ASI memiliki risiko kematian sebesar 20 persen lebih rendah diusia antara 28 hari sampai 1 tahun daripada bayi yang tidak disusui.
  • Pada ASI yang pertama kali diproduksi oleh tubuh Anda, ketika bayi baru lahir, disebut kolustrum, memiliki faktor kekebalan tubuh utama yang disebut dengan immunoglobulin A (IgA). Faktor kekebalan ini akan menjaga agar kuman tidak menyerang dengan membentuk lapisan pelindung pada mucous membranesdi usus, hidung, dan tenggorokan bayi Anda.
  • Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa menyusui juga dapat mengurangi risiko anak terkena kanker pada masa kanak-kanan. Ilmuan belum dapat memastikan secara pasti alasan ASI dapat mengurangi risiko kanker, hanya saja antibodi pada ASI adalah faktor yang mengurangi risiko itu. Sehingga sistem kekebalan bayi terbentuk dengan baik.
  • Pemberian ASI secara ekslusif juga dapat mengurangi risiko anak menderita penyakit tertentu, seperti diabetes tipe 1 dan tipe 2, kolesterol tinggi, dan radang usus dikemudian hari.
  • Faktor kekebalan IgA yang dimiliki oleh ASI juga bisa mencegah bayi untuk mengalami reaksi alergi pada makanan. Hanya saja pada beberapa kasus mungkin faktor kekebalan itu tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan menyebabkan anak akan mendapatkan reaksi alergi pada makanan tertentu suatu hari nanti.
  • Penelitian yang dilakukan pada 17.000 bayi dari hari kelahiran hingga usia 6,5 tahun menujukkan bahwa pemberian ASI dan ASI eksklusif dapat meningkatkan perkembangan kognitif, dilihat dari skor IQ dari tes kecerdasan yang mereka lakukan. Penelitian lain yang dilakukan terhadap hampir 4.000 anak, menunjukkan bahwa anak-anak yang sejak bayi diberikan ASI bisa berhasil mendapat nilai yang jauh lebih tinggi pada tes kosa kata pada usia 5 tahun dibandingkan anak-anak yang tidak disusui.
  • Para ahli mengatakan bahwa ikatan emosional yang terjadi selama menyusui mungkin berkontribusi pada otak, namun asam lemak dalam ASI memegang peranan yang sangat besar untuk tumbuh kembang otak anak.
  • American Academy of Pediatricsmerekomendasikan untuk memberikan susu ibu sebagai cara mengurangi risiko kelebihan berat badan atau obesitas pada bayi Anda saat dia sudah dewasa atau remaja.
  • Bayi yang disusui memiliki lebih banyak leptin dalam tubuhnya, hormon yang diyakini peneliti berperan dalam mengatur nafsu makan dan lemak.

Penelitian di Jerman pada tahun 2009 menemukan bahwa pemberian susu ibu dapat mengurai sisiko sindrom kematian mendadak pada bayi atau infant death syndrome (SIDS). Pemberian ASI eksklusif pada usia 1 bulan dapat mengurangi risiko SIDS menjadi dua kali lipat. Sedangkan U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar menyusui selama mungkin maksimal 2 tahun untuk mengurangi risiko SIDS.

Be the first to comment on "Apa Sajakah Khasiat Air Susu Ibu Bagi Si Kecil?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*