Aktivitas Sederhana Ini Efektif Merangsang Perkembangan Otak Batita

Sumber: http://3.bp.blogspot.com/

Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya tumbuh cerdas. Namun, beberapa dari mereka tidak tahu bagaimana cara merangsang perkembangan otak batita. Mereka hanya tahu anak pintar ketika disekolahkan di sekolah favorit.

Apakah bunda berpikir hal yang sama?

Semoga saja tidak. Ada hal yang lebih penting dari sekolah. Tentu bukan berarti sekolah itu tidak penting. Coba bunda baca buku perkembangan anak. Di berbagai literatur, keluarga lah yang sangat menentukan bagaimana kecerdasan anak 2 tahun. Dalam artian keluarga sangat berperan dalam menentukan kecerdasan anak.

Lalu, apakah itu artinya bunda harus menjadi orang yang ahli di bidang kecerdasan anak? Tentu saja tidak. Bunda hanya perlu apa saja kegiatan yang sebaiknya bunda pilihkan agar anak tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Berikut ini ada kegiatan sederhana yang bisa bunda lakukan bersama sang buah hati

  • Membacakan Buku

“Lho, bukannya balita usia 2 tahun dilarang diajari membaca?” Betul sekali bunda. Bahkan, anak usia 4-5 tahun ketika ia masih berada di bangku taman kanan-kanak juga tidak dianjurkan belajar membaca. Pada usia tersebut, anak harus lebih banyak menghabiskan waktu dengan cara bermain.

Lalu, kok disuruh membacakan buku? Perhatikan ya bunda. Ini bukan belajar membaca. Bunda hanya perlu membiasakan anak untuk seolah-olah membaca buku. Namun, yang membaca itu bunda, bukan sang buah hati.

Jadi, tujuannya agar anak tahu sumber ilmu pengetahuan itu buku. Biarkan anak tahu bahwa buku itu jendela dunia. Di dalam buku, ia bisa menemukan banyak hal. Maka dari itu, otak anak akan terasah karena ia selalu menemukan hal yang baru.

Kegiatan membacakan buku ini bisa bunda mulai sejak anak berusia 2 tahun. Siapkan beberapa buku cerita atau dongeng. Bacakan buku tersebut setiap kali anak mau tidur di malam hari.

Jika bunda sudah melakukan hal tersebut selama ini, teruskan ya bunda. Bunda harus konsisten agar bunda tahu hasilnya nanti ketika anak sudah dewasa.

  • Menonton Video

Ada banyak sekali balita yang kecanduan menonton video di Youtube. Hingga akhirnya banyak pakar perkembangan anak mengatakan video mengganggu perkembangan anak.

Sebenarnya, kesimpulan ini tidak akan terjadi jika anak tidak kecanduan dengan video Youtube. Yang menjadi masalah adalah kecanduan.

Dalam hal ini, menonton video menjadi salah satu cara merangsang kecerdasan anak jika bunda bisa memanfaatkannya dengan baik. Atur waktu menonton video. Jangan biarkan anak bermain dengan video sendiri. Pastikan bunda ada di samping sang buah hati.

Dalam hal ini, bunda juga perlu memilihkan video apa yang tepat untuk ditonton sang buah hati. Contohnya saja video tentang macam-macam hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

  • Mendengarkan Musik

Bunda pasti sudah tahu musik adalah perangsang otak yang paling efektif. Ketika bayi masih ada di dalam kandungan saja disarankan untuk diperdengarkan musik. Dan kegiatan ini disarankan untuk dilanjutkan ketika bayi lahir ke dunia.

Ketika menginjak balita, si kecil sebaiknya lebih banyak dikenalkan dengan musik. Untuk balita usia 2 tahun, putarkan saja lagu-lagu anak yang beat nya rendah. Dengan demikian, anak bisa menirukan lagu tersebut. Pada saat yang sama, sebenarnya bunda sedang mengajarkan kepada si kecil bagaimana berbicara yang baik.

Musik juga bisa bunda jadikan sebagai cara untuk mengenalkan bahasa lain. Contohnya saja jika bunda ingin sekali anak bisa berbahasa asing seperti bahasa Inggris, sesekali putarkan saja lagu anak-anak berbahasa Inggris.

  • Eksplor Alam

Ada waktunya di mana bunda ajak anak ke luar. Jangan terus menerus bermain di dalam ruangan. Sesekali bunda ajak ke alam. Ajak anak mengunjungi kebun binatang, hutan dalam kota, kebun, area persawahan, dan lain sebagainya. Dengan mengenal alam, cakrawala anak akan terbuka. Ia akan lebih banyak tahu mengenai hal baru yang tidak ada di dalam rumah.

Nah, bunda bisa memilih kegiatan apa yang akan bunda pilih dari berbagai kegiatan untuk merangsang kecerdasan anak 2 tahun tersebut di atas. Yang pasti, anak tidak harus belajar di dalam rumah agar menjadi anak yang cerdas.

Bahkan, bunda harus tahu kesimpulan yang diambil dari penelitian yang dilakukan oleh pakar perkembangan anak. Ternyata, kegiatan fisik itu lebih efektif memicu perkembangan otak. Bisa dikatakan kecerdasan otak anak balita itu bisa dirangsang dengan kegiatan-kegiatan fisik.

Meskipun demikian, bunda juga harus pastikan kegiatan yang bunda pilihkan itu disukai oleh si kecil. Oleh sebab itu, penting sekali bagi bunda untuk melakukan beberapa langkah berikut ini.

Pertama, kenalkan si kecil dengan berbagai kegiatan. Bunda sudah tahu kan kegiatan-kegiatan apa saja yang bisa merangsang perkembangan otak batita? Buat list lalu kenalkan kepada si kecil.

Kedua, pilihkan kegiatan yang paling disukai oleh si kecil. Setelah mengenalkan berbagai kegiatan, lihat mana yang paling disukai oleh si kecil.

Ketiga, cari potensi. Anak suka dengan kegiatan tertentu tapi belum tentu anak punya bakat di dalam hal tersebut. Akan lebih baik jika bunda cari tahu apakah ada bakat di permainan tertentu. Pilihkan kegiatan di mana anak suka dan anak punya bakat di dalam hal tersebut.

Sudah siap, bunda? Peran bunda sangat penting. Ini tidak hanya untuk merangsang perkembangan otak batita tapi juga menemukan potensi bakat yang ada di dalam diri sang buah hati.  

Be the first to comment on "Aktivitas Sederhana Ini Efektif Merangsang Perkembangan Otak Batita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*