Aktivitas Menarik Bersama Anak Usia 1 Tahun

anak usia 1 tahunSource: Shutterstock

Memasuki usia anak 1 tahun, tentu banyak perkembangan dan pertumbuhan yang sudah terjadi pada buah hati Ibu. Dia sudah bisa berdiri sendiri dan berjalan dengan bertumpu pada pegangan. Dia pun sudah pintar untuk meniru gerak-gerak Ibu ataupun orang yang berada di sekitarnya. Dia sudah mampu untuk berfikir dan lebih banyak ingin beraktifitas sendiri. Kegiatannya sekarang semakin lincah dan ingin bergerak kesana-kemari. Jangan lupa imbangi kegiatan anak Ibu dengan makanan usia anak 12 bulan yang dapat menunjang semua kegiatan, perkembangan dan pertumbuhannya.

Di usia 1 tahun, anak memang sedang dalam perkembangan yang pesat. Motoric, sensorik, emosi, bahasa dan kognitifnya semakin menunjukan kemajuan. Selain pendampingan dan stimulasi yang tepat, untuk membuat anak semakin cerdas, tentu juga perlu makanan dengan gizi yang seimbang. Namun bagaimana jika dalam pertumbuhan itu anak malas makan? Efektifkah memberikan vitamin pada anak yang susah makan?

Akan selalu ada kekhawatiran ketika terjadi kemalasan pada anak untuk makan. Karena akan berpengaruh pada kondisi fisik dan kesehatannya. Sebagian orang tua memang akan memilih alternatif penggunaan vitamin untuk mendongkrak nafsu makan sang anak. Tidak ada yang salah, namun sebaiknya pilihlah vitamin yang benar-benar berperan dalam hal ini, seperti vitamin dalam minyak ikan yang mana di dalamnya terdapat omega 3.

Mendampingi anak usia 1 tahun dalam beraktifitas tentu saja menjadi hal yang menyenangkan untuk Ibu. Selain itu, Ibu juga bisa menanamkan pembelajaran tentang banyak hal dengan kegiatan sambil bermain. Ajak dia melakukan kegiatan bersama yang menstimulasi perkembangan otaknya dan motoriknya.

 

Bermain dengan mobil atau kereta tunggangan

Melakukan aktifitas bersama anak usia 1 tahun dengan mengajaknya untuk menunggangi benda yang mampu bergerak dengan dibantu kakinya, seperti mobil atau kereta, akan membantunya untuk mengolah fisiknya. Karena kekuatan untuk menggerakan benda tersebut bertumpu pada kakinya. Kemampuan dia untuk melatih berjalan dan merangkak akan terbantu dari mainan ini. Selain itu, Ibu bisa mengajarkan komunikasi dan bahasa padanya dan perintah kecil seperti, ”berhenti”, “belok” dan “jalan”.

 

Menggambar dan mengenal warna

Aktivitas menggambar dan mewarnai akan membantu rasa penasaran akan sesuatu hal yang baru. Selain itu, anak juga sudah bisa untuk memegang pensil atau crayon karena sistem motoric halusnya semakin berkembang. Kegiatan ini juga merupakan stimulasi bagi anak untuk semakin mengasah jari-jemarinya. Mengenalkan buah dengan aneka warna juga akan membantu perkembangan otak anak. Menambah kinerja daya ingat dan basahanya.

 

Bermain musik

Anak 1 tahun tentu saja belum mengenal cara memainkan music. Namun dia sudah tertarik dengan bunyi-bunyian. Dia bisa saja bergoyang mendengar sebuah lagu padahal setiap gerakannya tidak mengikuti gerakan musik. Ibu bisa bermain alat music dengannya ataupun hanya mendengarkan lagu. Ajak dia untuk bernyanyi dan menari bersama. Kegiatan ini akan merangsang perkembangan otaknya. Selain itu, rasa kepercayaan diri si anak juga terbentuk dengan kegiatan ini. Membuat dia bergoyang akan membuat tubuhnya lebih bugar dengan banyak bergerak.

Masih banyak hal yang bisa Ibu lakukan bersama anak usia 1 tahun. Namun semua kegiatan dan permainan yang Ibu lakukan, utamanya adalah untuk menjaga kebersamaan dengan si buah hati. Mempererat ikatan hubungan semenjak dini. Mengikuti dan selalu memantau setiap fase perkembangannya. Anak yang selalu merasa nyaman, terutama jika dia selalu mendapat kasih sayang dan dukungan dari orang tuanya, cenderung menjadi anak yang cerdas dan sehat. Jadi Ibu harus sadar, karakter, perkembangan dan pertumbuhannnya, sangat tergantung bagaimana Ibu membentuknya.

Be the first to comment on "Aktivitas Menarik Bersama Anak Usia 1 Tahun"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*