8 Tips Mempercepat Kelahiran Yang Bunda Harus Ketahui

mempercepat kelahiranSumber: MomJunction

Jika sekarang kehamilan bunda sudah memasuki trimester akhir atau janin bunda sudah berusia 37-40 minggu, berarti kabar gembira sudah menanti bunda. Proses persalinan untuk membawa si kecil menatap dunia sudah di depan mata. Bunda pasti bahagia saat menanti proses persalinan ini, karena sebentar lagi bunda bisa bertemu dengan buah hati yang selama ini bunda nantikan.

Namun penantian bunda yang bahagia itu terkadang harus terselip sedikit kesulitan saat menanti proses persalinan. Karena tubuh bunda sudah mempersiapkan proses persalinan, sehingga terkadang tubuh bunda menunjukkan gejala akan melahirkan seperti munculnya kontraksi. Kontraksi ini tidak teratur, tidak menyebabkan leher rahim melebar dan membesar untuk proses persalinan. Kontraksi ini bisa berlangsung berhari-hari sebelum persalinan benar-benar terjadi.

Jika kontraksi yang bunda rasakan tidak juga berhasil membawa bunda ke proses persalinan, bunda mungkin mencari gagasan atau cara untuk memperkuat atau mempercepat kontraksi agar dapat mempercepat persalinan. Selain itu, jika bunda memiliki riwayat persalinan yang lama, bunda mungkin ingin mengetahui beberapa gagasan untuk membuat persalinan sedikit lebih cepat kali ini. Berikut 8 tips yang dapat mempercepat persalinan.

  1. Berjalan

Jika bunda sudah mengalami beberapa kali kontraksi yang tidak teratur, berjalan adalah cara yang bagus untuk mempercepat proses persalinan. Berjalan dapat membantu bayi bunda pada posisi yang pas, dan gravitasi membantu memberikan tekanan pada leher rahim yang dapat melembutkannya atau membantunya membuka. Berjalan adalah sesuatu yang aman dan mudah sehingga setiap orang bisa mencoba untuk mempercepat persalinan.

  1. Titik tekanan

Titik tekanan adalah titik di sepanjang tubuh ketika tekanan diberikan dapat menghilangkan stres atau rasa sakit, atau bahkan merangsang kontraksi. Mungkin ini terdengar tidak masuk akal, namun banyak wanita mencoba menekan salah satu dari dua titik tekanan ini yaitu ruas antara ibu jari dan jari telunjuk dan titik tekanan yang kedua berada tepat di atas pergelangan kaki, untuk menghasilkan kontraksi. Cara ini benar-benar dapat menyebabkan kontraksi. Namun, kontraksi bisa saja gagal begitu bunda berhenti memberi tekanan. Jika bunda sudah mengalami kontraksi, ini adalah cara yang baik untuk memperkuat atau mempertahankan kontraksi.

  1. Jongkok

Saat bunda mengambil posisi jongkok, bunda secara tidak langsung menempatkan posisi yang tepat untuk membantu mempercepat kontraksi. Gravitasi pada saat berjongkok dapat menurunkan tekanan pada leher rahim bunda. Hal ini dapat membantu memindahkan bayi bunda ke posisi yang benar untuk melahirkan dan mungkin akan memindahkannya lebih jauh ke dalam jalan lahir. Birthing Naturally menyatakan bahwa bunda harus menunggu sampai berada di tahap kedua persalinan untuk mencoba cara berjongkok ini, jika tidak, itu benar-benar dapat membuat persalinan akan berlangsung lebih lama.

  1. Seks

Hubungan seksual juga dapat membantu mempercepat persalinan. Seks dapat menyebabkan rileks dan juga orgasme, keduanya bisa membantu menguatkan, mendatangkan, atau mempercepat kontraksi untuk mempercepat persalinan. Karena orgasme melepaskan oksitosin, hormon yang menyebabkan kontraksi. Selain itu, air mani atau sperma mengandung prostaglandin. Prostaglandin membantu memecah serviks, yang pada akhinyanya dapat menyebabkan melebar dan membesarnya leher rahim. Sehingga dapat mempercepat persalinan.

  1. Merangsang nipple

Rangsangan nipple bisa dilakukan secara manual atau dengan bantuan pompa payudara. Stimulasi nipple dapat memicu pelepasan hormon oksitosin. Oksitosin dapat menyebabkan kontraksi. Dengan menstimulasi nipple, bunda bisa memperoleh kontraksi guna mempercepat persalinan. Jika sudah mengalami kontraksi, cobalah merangsang nipple dengan jari atau menggunakan pompa payudara untuk mempertahankan kontraksi dan mempercepat persalinan.

  1. Mengubah posisi

Jika bunda mulai mengalami kontraksi namun tidak teratur, coba gantilah posisi. Jangan berbaring di tempat tidur jika ingin mempercepat persalinan. Bangun dan bergeraklah atau cobalah berjalan-jalan. Gravitasi dapat membantu dan memungkinkan mencapai posisi yang tepat untuk persalinan.

  1. Basil dan teh oregano

Basil dan teh oregano dapat membantu mempercepat persalinan. Basil dan oregano adalah emmenagogues, yang berarti dapat membantu memperbaiki aliran darah ke rahim. Di beberapa negara, keduanya biasa digunakan untuk membantu mengatasi masalah menstruasi. Kedua ramuan ini dipercaya bisa membantu merangsang atau mempercepat kontraksi. Untuk mencoba teh basil dan oregano, cukup seduh beberapa daun basil dan oregano dalam air panas dan biarkan sebentar. Bunda dapat meminumnya untuk beberapa waktu.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membantu untuk rileks dan bisa melembutkan leher rahim Anda. Santai adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kontraksi untuk mempercepat persalinan. Mandi dengan air hangat akan membuat bunda merasa rileks. Bunda bisa menunggu untuk melihat apakah kontraksi meningkat atau bunda bisa mencoba berjalan, seks, atau salah satu saran lain untuk mempercepat persalinan.

Be the first to comment on "8 Tips Mempercepat Kelahiran Yang Bunda Harus Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*