8 Perlengkapan Mudik Ibu Hamil Wajib Bawa

cara menghitung kehamilan

Berdasarkan cara menghitung kehamilan yang benar, bunda sudah memasuki trimester kedua. Menurut dokter, bunda aman untuk mudik baik dengan maskapai penerbangan atau mobil. Sekarang bunda pun siap-siap ingin mengepak perlengkapan mudik. Tahukan bunda apa yang perlu bunda kemas dan masukkan ke koper? Simak di sini yuk.

  1. Cemilan dan botol minuman

Air putih sangatlah penting bagi ibu hamil. Sekalipun air putih bisa membuat bunda bolak balik ke toilet, tetapi bisa mencegah bunda dehidrasi yang akan membahayakan kehamilan bunda. Jadi bunda perlu stok minuman selalu di dekat bunda. Bunda juga musti hindari kopi dan teh yang bersifat diuretik dan mempercepat bunda ingin ke toilet. Alkohol juga tidak baik dikonsumsi ibu hamil.

Bunda yang mudah lapar juga perlu menyiapkan cemilan sehat selama perjalanan mudik yang jauh untuk menghindari lapar dan kesulitan mencari tempat makan. Bunda bisa menyiapkan potongan buah, susu atau biskuit agar bunda tidak kelaparan dan nutrisi janin tetap terjaga.

  1. Obat-obatan dan vitamin

Bunda yang sedang konsumsi obat-obatan dan vitamin atas rekomendasi dokter, jangan sampai ketinggalan ya. Keduanya bisa bunda masukin ke tas yang ditenteng bunda ke mana saja. Ingat ya bunda, obat-obatan dan vitamin sangat penting untuk kehamilan bunda

  1. Nomor dokter kandungan bunda

Bunda perlu menyimpan nomor dokter kandungan bunda untuk konsultasi sesegera mungkin untuk gangguan saat mudik. Selain itu bunda juga perlu mengetahui dokter-dokter kandungan di tempat yang bunda tuju atau rumah sakit terdekat yang baik untuk ibu hamil.

  1. Mengenakan baju dan sepatu yang nyaman

Pada saat mudik, pastikan bunda selalu mengenakan baju yang nyaman. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu ketat sehingga membuat perut bunda tertekan apalagi bunda perlu melewati perjalanan yang jauh.

Selain itu kenakanlah sepatu kets atau flat shoes yang nyaman untuk bunda bergerak ketika sudah terlalu lama duduk di jalan. Jalan-jalan atau bergerak bisa mengurangi terjadi pembengkakan pada kaki karena terlalu lama tidak digunakan.

  1. Membawa bantal

Bunda yang sedang hamil tentu membutuhkan istirahat yang cukup. Bunda bisa membawa bantal yang untuk leher untuk kenyamanan istirahat. Sementara untuk malam hari, bunda bisa membawa bantal khusus kehamilan yang nyaman dalam menopang perut dan punggung bunda dengan baik. Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan bunda dan calon bayi.

  1. Kosmetik Yang Aman

Namanya juga lagi perayaan, bunda pasti ingin tampil cantik selama hari raya lebaran. Bunda bisa membawa kosmestik yang aman bagi ibu hamil. Bila bunda bingung jenis kosmetik seperti apa selain tidak mengandung mercury, bunda bisa konsultasi ke dokter kulit mengingat setiap orang memiliki alergi yang berbeda.

  1. Perlengkapan bebersih

Bunda yang sedang hamil biasa gampang keringatan dan berasa gerah. Bunda bisa menyiapkan perlengkapan bebersih seperti tissue basah, tissue kering dan pembersih muka untuk menyegarkan tubuh bunda karena lamanya perjalanan saat mudik.

  1. Maternity Belt

Maternity Belt ini berfungsi menjaga perut bunda dari goncangan-goncangan yang bisa mengganggu kehamilan bunda terutama saat mengenakan transportasi darat. Bunda bisa membawanya agar bunda bisa merasa nyaman saat goncangan terjadi.

Begitulah bunda persiapan untuk mudik yang bisa bunda ikuti sehingga perjalanannya lancar. Buat bunda yang belum mengetahui cara menghitung kehamilan yang benar dan menantikan kehadiran si kecil di dalam keluarga, bunda bisa klik di tautan yang ada. Semoga cepat punya anak dengan cara menghitung kehamilan yang tepat dan persalinannya lancar ya bunda.

Be the first to comment on "8 Perlengkapan Mudik Ibu Hamil Wajib Bawa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*