6 Tips Jitu Untuk Mengajarkan Bersosialisasi untuk Anak Bunda

anak usia dini adalahSumber: babycenter.com

Menurut Undang-Undang Sisdiknas Tahun 2003, anak usia dini adalah anak-anak yang berada pada rentang umur 0-6 tahun. Pada masa ini anak berada proses tumbuh kembang yang pesat dan unik serta tidak akan bisa terulang. Usia ini biasanya disebut masa emas atau golden age.

Pada masa emas inilah, bunda harus bekerja keras untuk memberikan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembangnya maksimal, termasuk melatih dan membiasakan anak untuk bersosialisasi. Kemampuan sosialisasi ini sangat berguna kelak di masa mendatang. (baca juga: berenang bagi si kecil sebagai simulasi)

Pada masa-masa ini kebanyakan anak memiliki percaya diri yang rendah dan kesulitan untuk mengembangkan keterampilan sosialisasi. Bila demikian, bunda hanya perlu membantu mengajarkannya untuk mengatasi ketakutannya. Bunda juga mengajarkannya untuk berteman, karena untuk mulai pertemanan bagi anak-anak tidaklah mudah.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu bunda untuk membantunya mengembangkan keterampilan bersosialisasi.

  • Berlatihlah dengan Anak Bunda

Beberapa anak mungkin secara alami memiliki kemampuan sosial, mereka tidak ragu untuk menghampiri anak lain dan mulai berbicara pada mereka seolah sudah mengenal lama. Namun, banyak diantaranya yang membutuhkan latihan untuk memupuk kemampuan bersosialisasinya. Bunda bisa bermain peran dengannya dan berlatihlah untuk memperkenalkan diri, menanyakan siapa namanya, dan mengajaknya bermain, “Hai, aku Dina. Siapa namamu? Mau bermain denganku?” Ajarkan pada mereka seperti apa seharusnya mereka bersikap saat pertama kali bertemu dengan seseorang dan percakapan seperti apa yang bisa mereka lakukan serta ajarkan bagaimana caranya untuk membuat pertanyaan.

  • Ajarkan pada Mereka Bagaimana Menjalin Persahabatan

Anak bunda mungkin saja kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang baru, tetapi pasti dia memiliki anak yang sejak dulu menjadi temannya. Ajarkan padanya untuk membangun persahabatan yang erat. Dengan dia mempunyai sahabatan, maka bunda lebih mudah mengajarkan keterampilan sosial. Karena keterampilan percakapan yang mereka kembangkan dengan sahabatnya akan membantu saat dia bertemu dengan orang baru.

  • Beri Mereka Kesempatan untuk Bersosialisasi

Bunda bisa mengajak si kecil bermain dengan kelompok bermain atau ajaklah anak-anak di sekitar rumah untuk bermain dengan anak bunda atau bunda bisa mengajak teman bunda yang sama-sama memiliki anak untuk play date. Berikan kesempatan pada anak bunda untuk berada di sekitar anak-anak lain. Hal ini akan membantunya untuk belajar bersosialisasi. Bahkan jika anak bunda hanya duduk di pojokkan tidak ikut bergabung, menyaksikan anak-anak lain bersosialisasi menjadi pengalaman yang baik untuknya belajar. Dengan kata lain bunda hanya memfasilitasinya saja, dia yang harus mengambil pelajaran sendiri.

  • Bantu Anak Bunda yang Pemalu

Jika anak bunda menunjukkan sikap yang pemalu, bunda harus intensif lagi untuk mengajarkan sosialisasi padanya. Karena anak pemalu akan cenderung lebih susah untuk bersosialisasi. Bunda harus bersabar jika hal itu terjadi. Pemaksaan latihan tidak akan berarti banyak padanya, justru akan membuatnya semakin menjadi pemalu. Bunda harus pelan-pelan mengajarkannya tentang sosialisasi padanya.

  • Ikuti Minatnya

Bertemanlah dengan anak bunda, dan ikutilah hobinya. Jika anak bunda senang bermain ke timezone maka ajaklah dia ke sana. Jangan lupa ajak anak lain untuk ikut. Dan biarkan mereka untuk berinteraksi, bunda ikutlah pula bermain dengan mereka.

  • Bicaralah dengan Anak Bunda

Pada saat dia sudah naik ke tempat tidur, ajaklah dia untuk bicara. Tanyakan apa saja yang dia pelajari selama satu hari itu. Terutama apa yang dia lakukan dengan teman-temannya. Berikan pujian kalau dia berhasil menjalin perteman yang baru atau menceritakan tentang teman-temannya. Anak usia dini adalah kelompok yang suka bila mereka didengarkan, mendapatkan respon positif, dan mendapatkan perhatian lebih dari orang tuanya, terlebih dari bunda.

Be the first to comment on "6 Tips Jitu Untuk Mengajarkan Bersosialisasi untuk Anak Bunda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*