6 Cara Efektif untuk Mengajar Anak Bunda Berbagi

perkembangan anak usia 4 tahunSumber: YoungParents

Pernahkah bunda mengalami situasi di mana buah hati berebut mainan dengan teman-temannya? Dia tidak mau mengalah, begitu juga sebaliknya. Bunda tentunya pusing bila dihadapkan pada situasi itu. Tetapi, itu wajar adanya bunda. Buah hati bunda yang memasuki perkembangan anak usia 4 tahun atau prasekolah normal jika tidak suka berbagi.

Anak-anak pada usia prasekolah memang tidak pandai untuk berbagi. Mereka mengetahui barang apa saja yang menjadi miliknya, dan tidak memiliki kesadaran untuk mengizinkan anak lain meminjam barang miliknya. Dan jika ada anak lain yang merebut mainannya maka terjadilah pertengkaran. Suara tangis akan menggema dari salah satu yang kalah.

Anak bunda melakukan hal ini karena sejak kecil dia mungkin berlatih egois akibat selama ini hidupnya hanya berputar di sekelilingnya saja. Sehingga secara alami mereka memiliki sikap seperti itu. Terlebih anak-anak yang tidak bunda biasakan untuk berbagi sejak dini. Namun, bunda tidak perlu khawatir. Belum terlambat untuk bunda mengajarkan tentang berbagi pada anak bunda.

Berikut tips agar si kecil senang untuk berbagi.

  • Berikan contoh nyata pada si kecil

Biarkan si kecil melihat bagaimana cara bunda menunjukkan padanya cara yang tepat untuk berbagi dan jelaskan kebahagiaan kita saat berbagi. Misalnya bunda bisa berbagi cemilan dengannya dan juga pasangan.

  • Berikan kesempatan si kecil untuk ikut berbagi

Pada saat bunda akan memberikan sesuatu untuk orang lain sertakan anak bunda. Biarkan mereka membagikan barang itu kepada orang yang dimaksud. Misalnya bunda juga bisa mengajaknya untuk ke tetangga sebelah untuk memberikan makanan, mintalah anak bunda yang menyerahkannya dengan bantuan bunda tentu saja, jika makanan itu berat untuknya. Bunda bisa meminta bantuan mereka untuk memuji anak bunda, “Terima kasih banyak Dika sudah memberikan kue pada Tante!”

  • Biarkan si kecil melindungi barang favorit mereka

Wajar saja jika buah hati bunda memiliki barang favoritnya dan tidak ingin orang lain untuk menyentuhnya. Sama seperti bunda yang melindungi barang favorit. Jadi biarkan saja, selama itu masih tahap wajar. Berikan pengertian juga pada mereka bahwa ada barang yang harus mereka lindungi atau sembunyikan ada pula yang harus dia bagi dengan orang lain. Ingatkan juga jika ingin mainanannya tidak dibagi, jangan perlihatkan pada orang lain.

  • Buatlah permainan

Ajaklah anak-anak di sekitar untuk main ke rumah bunda dan buatlah permainan. Berikan satu mainan pada masing-masing anak dan mintalah mereka untuk bergantian selama 2 menit untuk memainkan masing-masing mainan. Mintalah mereka untuk bersabar dan jangan sampai bertenggar atau mereka akan kalah. Permainan ini cocok untuk anak 4 tahun ke atas, yang sudah mengerti permainan yang lebih sulit.

  • Berikan pujian saat dia membagikan sesuatu

Saat dia mau berbagi sesuatu pada teman-temannya, reaksi positif bunda akan memperkuat keterampilan sosial ini. Jadi doronglah kemampuannya ini dengan pujian dari bunda. Ceritakan juga pada kakek neneknya betapa dermawannya dia. Biarkan dia bangga bahwa dia adalah seseorang yang senang berbagi.

  • Jangan menghukumnya jika tidak ingin berbagi

Seperti yang dijelaskan di atas bunda, anak kecil belum mengerti konsep berbagi. Mereka masih berpikir bahwa barang miliknya tidak boleh berpindah tangan pada orang lain. Jadi jangan menghukumnya jika berperilaku demikian. Berikan saja pengertian secara halus untuknya. Misalnya bunda bisa mengatakan bahwa temannya juga ingin bermain dengan mainan itu dan nantinya dia juga akan mendapatkan giliran.

Perkembangan anak usia 4 tahun tidak lepas dari proses belajar, sehingga penanaman konsep berbagi ini cocok untuk dilakukan. Dengan pembelajan ini mereka akan otomatis senang untuk berbagi.

Be the first to comment on "6 Cara Efektif untuk Mengajar Anak Bunda Berbagi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*