5 Permasalahan Sosial Pada Tumbuh Kembang Anak

gangguan tumbuh kembang anakSumber: Multiple Mayhem Mamma

Ada beberapa jenis perkembangan pada anak, misalnya perkembangan fisik, motorik, kognitif, dan sosial emosional. Perkembangan-perkembangan itu akan meningkat bertahap seiiring bertambahnya usia anak. Namun terkadang muncul gangguan tumbuh kembang anak yang membuat khawatir Ibu. Ganguan tumbuh kembang anak paling sering menyerang fisik dan sosial emosional anak. Gangguan fisik bisa terlihat dari pertumbuhan fisik yang tidak seimbang dengan usia atau menderita sakit. Gangguan ini biasanya dianggap sebagai gagal tumbuh. Faktor yang biasanya memicu gangguan fisik pada anak adalah kurangnya asupan makanan bernutrisi.

Sedangkan arti dari perkembangan sosial emosional anak adalah kemampuan yang dimiliki anak yang untuk bersosialisasi dan mempunyai hubungan baik dengan orang lain, berperilaku yang sopan dan berdisiplin dalam kehidupan sehari-hari serta menunjukkan emosi yang wajar. Ciri-ciri khas penampilan emosi pada anak menurut Hurlock (1978) adalah sebagai berikut:

  • Emosi anak bersifat sementara, berubah kekuatannya, dan lekas berubah.
  • Emosi sering timbul dan nampak pada tingkah lakunya
  • Menunjukkan reaksi yang kuat terhadap situasi yang menimbulkan rasa senang atau tidak senang sangat kuat dan bersifat bersifat individual

Jenis-jenis dan identifikasi permasalahan perkembagan sosial emosional anak, antara lain:

  1. Tempertantrum

Pengertian tempertantrum adalah perilaku marah yang dimiliki anak secara berlebihan. Tempertantrum sering terjadi pada anak yang berumur 2-4 tahun. Perilaku ini biasanya muncul pada anak saat menginginkan sesuatu. Mereka akan mengamuk yang berlebihan seperti menangis, berguling-guling di lantai, meninju, menjerit, menendang, menghentakkan kaki, serta memecahkan barang yang ada disekitarnya. Dengan marah secara berlebihan, anak berharap keinginannya akan dipenuhi. Ibu harus ekstra sabar menghadapi anak yang tempertantrum. Jika Ibu langsung memenuhi semua keinginan anak saat tempertantrum, ia akan selalu mengulangi tingkahnya saat menginginkan sesuatu.

  1. Pemalu

Sikap pemalu merupakan emosi yang negatif yang tah hanya ada pada diri anak namun juga ada pada seseorang yang telah dewasa. Emosi pemalu yang negatif pada anak akan berdampak buruk untuk kemampuan berhubungan dengan orang lain. Emosi jenis ini bisa menghambat dan mengganggu anak ketika bersosialisasi dengan orang lain yang ada disekitarnya. Ciri-ciri anak yang memiliki perilaku pemalu ini yaitu sebagai berikut :

  • Anak lebih senang menyendiri dan bermain sendiri.
  • Anak cenderung pendiam.
  • Tidak berani tampil saat bermain bersama teman.
  • Tidak mau menunjukkan kemampuan di depan orang banyak, seperti misalnya maju menyani di depan kelas.
  1. Pembangkang

Pengertian pembangkang adalah perilaku yang tidak mau menuruti yang diperintahkan orang tua. Perilaku ini dapat dilihat pada anak yang tidak patuh saat diperintah dan bersikap keras kepala, serta seenaknya sendiri dalam melakukan hal-hal apapun.

  1. Pembohong

Pemohong atau berbohong merupakan perilaku yang negatif yang dilakukan secara sadar oleh anak maupun orang dewasa. Perilaku ini muncul pada anak karena takut akan dimarahi karena kesalahan yang telah mereka buat. Anak berbohong untuk mengatasi kekurangan yang ada pada diri mereka.

  1. Penakut

Rasa takut merupakan hal yang alami pada semua orang. Perilaku ini merupakan bentuk emosi kecemasan atau kekhawatiran pada sesuatu. Jika rasa takut yang dialami anak sangat berlebihan akan berdampak tidak baik pada perkembangan sosial anak, karena perilaku malu yang berlebihan (takut) dapat mengganggu aktivitas anak.

Jika anak mengalami gangguan tumbuh kembang tersebut, Ibu harus segera mendampingi dan memberikan perhatian lebih agar mereka bisa tumbuh dengan rasa aman. Limpahan kasih sayang dan stimulus yang tepat dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang santun dan percaya diri.

Be the first to comment on "5 Permasalahan Sosial Pada Tumbuh Kembang Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*