5 Gerakan Senam Ibu Hamil 9 Bulan

senam ibu hamil 9 bulanSource: Yoga4You

Untuk bisa tetap tenang saat menghadapi proses kelahiran, senam ibu hamil 9 bulan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil. Pasalnya proses kelahiran ini memang menjadi saat-saat yang mendebarkan sekaligus menegangkan bagi semua wanita dan keluarganya.

Untuk itu diperlukan persiapan yang matang supaya proses kelahiran bisa berlangsung lancar dan aman. Apalagi berolahraga saat hamil tidak hanya bermanfaat bagi para ibu hamil, namun baik pula bagi perkembangan janin.

Gerakan senam ibu hamil 9 bulan pada dasarnya merupakan gerakan ringan dan standar. Senam hamil 9 bulan juga sangat mudah dilakukan dan tidak memakan waktu yang lama. Hal ini untuk melenturkan otot-otot khususnya dibagian organ kewanitaan sehingga memperlancar proses persalinan.

Lalu seperti apa gerakan senam yang direkomendasikan? Berikut adalah 5 gerakan senam yang direkomendasikan untuk ibu hamil 9 bulan.

  1. Jalan Kaki

Jika usia kehamilan sudah mencapai 9 bulan, ukuran perut sudah cukup besar, dan karena itu gerakan senam pun tidak bisa yang terlalu sulit. Gerakan jalan kaki ini merupakan gerakan yang paling mudah untuk dilakukan, bahkan walaupun terbilang sederhana, namun jalan kaki ini memiliki manfaat yang cukup bagus dalam melancarkan proses persalinan ibu hamil nantinya.

Perbanyaklah gerakan ringan berupa jalan kaki. Jalan kaki santai yang dilakukan secara rutin akan memberikan dampak positif untuk kesehatan Anda dan juga janin di dalam kandungan. Jalan kaki juga sebagai upaya untuk mengatasi keluhan seputar kehamilan usia 9 bulan seperti kram kaki.

  1. Duduk Bersila

Anda dapat melakukan gerakan ini dengan duduk di atas matras atau di atas lantai. Posisikan tubuh Anda duduk bersila dan letakkan kedua tangan Anda di atas paha. Lakukan gerakan ini seperti saat Anda melakukan meditasi yoga. Buatlah jiwa dan pikiran Anda setenang mungkin sambil mengatur napas. Hirup napas dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan. Gerakan ini juga bisa membantu calon ibu dalam melatih pernafasan saat mereka melakukan persalinan ke depannya. Sebab semua ibu hamil pasti melewati fase tersebut.

  1. Merangkak

Anda juga dapat melakukan latihan dengan posisi seperti sedang merangkak. Setelah posisi tubuh sudah siap, kempiskan perut Anda dan kerutkan juga dubur Anda. Ulangi gerakan ini hingga 8 kali ketika Anda senam.

Gerakan selanjutnya dalam posisi merangkak ini adalah gerakan mengejan. Gerakan tersebut memang sedikit sulit, yakni dengan metode meletakkan leher dan kepala di lantai, posisinya merangkak. Pertama-tama, tarik napas dengan mulut terbuka, lalu hembuskan napas namun dalam kondisi mulut tertutup. Bayangkan saja seperti ketika Anda sedang mengejan saat buang air besar. Lakukan gerakan tersebut kurang lebih 8 kali dalam satu sesi senam. Latihan ini dilakukan oleh para ibu hamil 9 bulan untuk mempersiapkan otot-otot bagian bawah tubuh supaya lebih lancar saat melahirkan.

  1. Jongkok

Mulailah dengan posisi tubuh tegak dan lurus, setelah itu jongkoklah secara perlahan namun pertahankan posisi punggung yang lurus. Tahan posisi ini selama kurang lebih 10 menit untuk melatih kekuatan otot paha dan panggul Anda serta untuk merenggangkan otot-otot tersebut.

  1. Pose Kupu-kupu

Cara melakukan pose kupu-kupu sangat mudah yaitu dengan cara duduk dilantai, lalu pertemukan kedua telapak kaki di depan layaknya bertepuk tangan. Kemudian dorong lutut ke lantai dan lakukan gerakan ini secara teratur.

Semoga membantu.

Be the first to comment on "5 Gerakan Senam Ibu Hamil 9 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*