5 Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Perlu Anda Ketahui

buah yang baik untuk ibu hamilSource: pixabay.com

Buah-buahan memang memiliki manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Bahkan ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi nutrisi Ibu dan janinnya.

Namun perlu Ibu ketahui bahwa tidak semua buah baik bagi Anda. Terutama bagi buah yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya seperti anggur, nangka, dan durian. Lalu buah apa saja kah yang baik untuk ibu hamil?

Berikut adalah 5 buah yang baik untuk ibu hamil.

1. Apel
Apel adalah buah yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, terutama apel hijau yang kandungannya terbilang lebih banyak dan alami daripada apel merah yang biasanya banyak dijual di berbagai supermarket. Berbagai kandungan vitamin yang terdapat pada apel, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C, akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin. Selain vitamin, apel juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga cocok untuk ibu hamil sebagai pelancar sistem pencernaan.

Ditambah lagi, manfaat buah apel untuk ibu hamil juga karena memiliki kandungan berupa asam malat dan tannin yang bermanfaat untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian tertentu bagi ibu hamil karena kehamilannya seperti kaki, siku, dan lainnya, serta mengurangi rasa mual yang biasanya menjadi gejala para ibu hamil.

2. Buah Naga
Banyak orang yang beranggapan bahwa buah naga merupakan buah larangan bagi ibu hamil. Namun ternyata buah naga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Berbagai kandungan dalam buah naga justru akan sangat bermanfaat bagi Ibu hamil apabila dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, diantaranya zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat, dan lainnya.

Mengkonsumsi buah naga justru sangat dianjurkan bagi ibu hamil yang mengalami anemia. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat dalam buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, kandungan karoten dalam buah naga juga dapat membantu untuk menyempurnakan indera penglihatan janin selama dalam kandungan.

3. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan lemak rendah. Berbagai macam kandungan dalam alpukat, seperti asam folat, vitamin B kompleks, serta kalium, akan dapat membantu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Ketiga kandungan tersebut akan sangat membantu dalam perkembangan otak janin dan tulang belakang janin. Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi gejala mual yang biasanya dialami oleh Ibu. Sedangkan kandungan lainnya yang dimiliki alpukat seperti kalsium, vitamin C,E, dan K, akan membantu proses pembentukan tulang janin, memperkuat tulang Ibu, menghasilkan hormon prolaktin (sebagai pengontrol emosional ibu sehingga mengurangi potensi ibu hamil cepat marah), dan pembentukan sel darah merah.

4. Stroberi
Banyak orang sudah mengetahui manfaat stroberibagi ibu hamil karena kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti asam folat, kalium, asam ellagic, vitamin B, dan C, akan membantu menjaga kesehatan Ibu dan bayi. Dengan kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki oleh stroberi dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B pada stroberi dapat mencegah anemia pada ibu hamil karena membantu pembentukan sel darah merah serta perkembangan sistem saraf, terutama bagi janin. Sedemikian sehingga mencegah resiko bayi terlahir cacat tabung saraf, mencegah kelainan jantung pada bayi baru lahir, dan mencegah lahir dalam kondisi prematur. Bahkan stroberi juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan sistem pencernaan ibu hamil.

5. Manggis
Manggis sangat baik apabila dikonsumsi pada trimester pertama. Manggis akan membantu mencegah bayi lahir cacat karena kandungan asam folatnya serta membantu untuk membentuk jaringan tulang rawan dan sistem tulang janin karena kandungan mangannya. Selain itu, manfaat penting dari manggis bagi ibu hamil ialah dapat mencegah preklamsia, di mana hal ini terjadi karena adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, pola makan yang buruk, dan riwayat tekanan darah tinggi sebelum hamil.

Demikian berbagai macam buah yang baik untuk ibu hamil. Tentunya dalam mengkonsumsinya harus sewajarnya dan tidak terlalu berlebihan.

Apabila Ibu bosan mengonsumsi buah-buahan secara langsung, Ibu bisa mencoba power juice yang merupakan kombinasi berbagai buah.  Buah-buahan memang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, janganlah pernah ragu untuk mengkonsumsi buah-buah secara rutin dan teratur setiap harinya.

Buat ibu yang ingin mengetahui makanan ibu hamil yang sehat, bisa baca di sini.

Be the first to comment on "5 Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Perlu Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*