5 Bahan Alami Untuk Obat Flu Untuk Ibu Hamil Yang Terjamin Aman

obat flu untuk ibu hamilSumber: Integris

Flu bisa datang kepada siapa saja, terutama di bulan puasa, ketika tubuh rentan dan memiliki jam makan yang berubah. Dan bagi ibu hamil, flu bisa membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat flu untuk ibu hamil. Flu ditandai dengan keluhan berupa batuk, pusing, hidung tersumbat, ingus, bersin-bersin dan nyeri pada kerongkongan sehingga sangat menyiksa bagi ibu hamil.

Flu yang diakibatkan oleh virus bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun terkadang ada flu yang semakin memburuk, dan mengakibatkan infeksi bakteri yang serius sehingga harus mendapatkan penanganan khusus. Sebelum menjadi infeksi bakteri khusus, sebaiknya konsumsi obat flu untuk ibu hamil yang jelas aman dan terpercaya. Sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil yang menurun membuatnya mudah terserang flu. Dengan menjaga kesehatan saat masa kehamilan, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk mengatasi masalah flu pada ibu hamil, banyak sekali obat yang aman di pasaran untuk ibu hamil. Tapi tidak semuanya aman 100% karena pasti akan memiliki efek samping. Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menggunakan obat flu untuk ibu hamil yang alami sehingga bebas dari efek samping yang membahayakan. Selain itu pastikan melakukan beberapa hal berikut untuk membantu meringankan gejala flu yang menyerang.

Jagalah asupan makanan selama bulan Ramadan dengan makanan yang bergizi. tambahkan menu sahur anda dengan buah dan sayur yang bisa menjadi support vitamin bagi tubuh.

Sediakan asupan cairan yang cukup, terutama untuk ibu hamil yang berpuasa. caranya dengan minum air dua gelas setelah berbuka, dua gelas menjelang tidur, dua gelas menjelang sahur.

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup. Saat flu datang, sebaiknya jangan melakukan pekerjaan yang berat agar flu tidak semakin berkembang.

Hindari hal-hal atau pikiran yang membuat Anda menjadi stress. Karena stress dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga flu dapat berkembang dengan cepat.

Periksa selalu suhu tubuh, minimal sehari dua kali untuk memastikan tidak adanya gejala demam yang membahayakan bagi janin.

Konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi terutama yang mengandung banyak vitamin C, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika hidung tersumbat, oleskan minyak kayu putih atau sejenisnya di bawah hidung untuk menghindari konsumsi obat yang mengandung bahan kimia.

Selain hal-hal yang disebutkan tadi, air putih juga sangat penting kehadirannya. Untuk menghindari dehidrasi pada ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami batuk, sebaiknya jangan mengonsumsi obat warung, tapi lebih dulu mencoba untuk menggunakan obat herbal seperti :

  1. Cuka apel (Apple Cider Vinegar)

Untuk meredakan sakit tenggorokan, Anda bisa berkumur dengan menggunakan cuka apel. Manfaat cuka apel yang dapat membantu tubuh dalam keadaan alkalin, sehingga bakteri atau virus tidak dapat berkembang.

  1.  Jahe

Salah satu bahan herbal yang dapat digunakan untuk meredakan tenggorokan karena batuk adalah jahe. Dengan mengonsumsi air jahe rutin sehari tiga kali akan membantu meredakan sakit tenggorokan karena batuk.

  1. Daun seledri

Air rebusan daun seledri terbukti sangat efektif untuk meredakan batuk. Dengan merebus daun seledri hingga mendidih, dan dikonsumsi bersama dengan satu sendok madu akan membantu meredakan tenggorokan.

  1. Bawang merah

Keluarga bawang ini mampu menangkal flu secara alami. Kandungan phytochemical pada bawang merah mentah, mampu menjaga saluran pernapasan terbuka. Tambahkan irisan bawang mentah saat makan atau bisa juga membuat jus bawang yang di tambahkan madu.

  1. Lemon dan jeruk nipis

Buah yang kaya akan serat dan vitamin C ini memiliki sifat antibakteri yang sangat membantu sistem imun tubuh dalam melawan virus yang menyerang tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga sudah sangat terbukti meredakan batuk. Banyak orang menggunakan jeruk nipis sebagai obat saat batuk melanda.

Banyak bahan herbal yang bisa Anda konsumsi dan dijadikan obat flu untuk ibu hamil. Selain manfaatnya yang nyata, tidak adanya bahan kimia yang terkandung dalam bahan herbal ini juga tidak menimbulkan efek samping apa pun. Sehingga sangat aman bagi ibu hamil yang terserang penyakit flu dan tetap bisa melaksanakan ibadah puasa di Bulan ramadan dengan baik.

Be the first to comment on "5 Bahan Alami Untuk Obat Flu Untuk Ibu Hamil Yang Terjamin Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*