11 Manfaat Buah Kurma Untuk Bumil Yang Mengejutkan

cara menghitung kehamilanSumber: Informasi Kesehatan

Tamr, yang lebih kita kenal dengan nama kurma adalah salah satu buah berbuka puasa yang paling bagus. Buat bunda yang baru saja mendapatkan informasi positif hamil lewat cara menghitung kehamilan yang benar, bunda perlu ketahui manfaat kurma buat bunda. Makanan yang yang telah dibudidayakan di Arab sejak ribuan tahun lalu bahkan bisa dibilang sebagai makanan pokok di Arab. Mereka kerap mengolahnya menjadi kue, dodol dan minuman yang tentu menimbulkan rasa manis yang khas.

Kurma banyak terdapat di berbagai belahan dunia. Namun kurma yang paling terkenal berasal dari Mekkah dan Madinah. Sebelum bunda mulai stok dan menikmati kurma saat berbuka, bunda perlu tahu dulu kandungan dan manfaat-manfaatnya yang luar biasa dari buah kurma ini.

 

Kandungan Gizi Buah Kurma

Kurma yang manis ini ternyata menyimpan banyak gizi yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Di dalam kurma mengandung air, karbohidrat, vitaminA, B2, B3, B5, B6, B9 dan B12. Selain itu juga mengandung protein, serat, MUFA, magnesium, fosfor, likopen, kalium, sodium, seng dan masih banyak lagi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Nah ini dia manfaat nutrisi yang ada di dalam buah kurma:

  1. Serat di dalam kurma bisa membantuk selaput lendir usus. Akibatnya kurma bisa mengikat bahan kimia buruk yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah sembelit pada ibu hamil. Jadi kurma secara tak langsung memperlancar buang air besar juga bila disertai dengan konsumsi air yang cukup.
  2. Kurma meningkatkan kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Vitamin yang satu ini jika tidak berkonsumsi berlebihan akan mendukung pertumbuhan tulang, ginjal, jantung, paru-paru dan mata
  3. Energi yang tinggi dalam buah kurma menjadikannya cocok buat bunda yang sudah puasa seharian ataupun ingin sahur sehingga kuat berpuasa. Jadi bunda memiliki energi untuk menyiapkan makanan untuk sahur dan bercengkrama dengan keluarga.
  4. Kandungan Zinc atau seng pada kurma dipercaya menambah kebugaran pada laki-laki sehingga mempercepat proses mempunyai anak. Kandungan yang satu ini juga sangat penting bagi janin karena akan mempengaruhi peredaran nutrisi ke janin, mempengaruhi pertumbuhan saraf dan kekebalan janin.
  5. Kurma bermanfaat menangkal racun karena kandungan vitokimia dan kaya akan zat antioksidan
  6. Kalium dalam buah kurma bisa mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung koroner ataupun stroke.
  7. Buah kurma mengandung vitamin B Kompleks yang sangat banik dalam pembentukan sel darah merah dan mengurangi anemia yang sering terjadi pada ibu hamil
  8. Tanin yang terkandung pada Kurma membantu tubuh ibu hamil menghadapai infeksi. Selain tanin bagus untuk menghadapi infeksi, tanin juga bisa membantu mengurangi terjadinya radang.
  9. Untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, kurma memiliki kalsium di dalamnya dan tentunya membantu produksi ASI bagi ibu menyusui
  10. Karbohidrat pada kurma terdiri dari glukosa dan fruktosa yang memberikan kekuatan pada bunda saat persalinan berlangsung
  11. Hormon oksitosin juga akan diproduksi akibat konsumsi buah kurma sehingga memperlancar proses persalinan dan aliran air susu ibu (ASI)

Wah, kurma itu kaya manfaatnya ya bunda. Bagi bunda yang yakin positif hamil lewat cara menghitung kehamilan yang tepat atau langsung ke dokter, jangan lupa konsumsi buah kurma di bulan Ramadhan ini. Dan tetaplah menjalankan ibadah puasa bila tidak ada kondisi kehamilan yang memprihatinkan. Selamat berpuasa bunda!

Be the first to comment on "11 Manfaat Buah Kurma Untuk Bumil Yang Mengejutkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*