10 Makanan Sehat Untuk Menjaga Asupan Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi Ibu Hamilsumber: nutritiouslife.gr

Mencari tahu makanan apa saja yang dapat memenuhi nutrisi Ibu saat hamil yang sekaligus mampu memenuhi nutrisi untuk janin, terkadang membuat Ibu pusing. Tidak semua makanan yang bagus dan sehat, dapat memenuhi apa yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Tapi setidaknya ada beberapa jenis makana yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut 10 makanan sehat untuk menunjang nutrisi ibu hamil selama masa mengandung.

  • Telur dengan asam amino

Telur merupakan sumber protein terbaik bagi Ibu hamil. Kandungan asam amino yang terdapat dalam protein telur membantu pembentukan sel pada tubuh Ibu dan janin. Protein sangat diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang bayi selama dalam kandungan. Dalam telur juga terkandung begitu banyak vitamin, mineral dan juga kolin. Kolin ini dapat membantu fungsi otak dan kesehatan otak bayi.

  • Omega-3 dalam ikan salmon

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon sangat penting bagi tumbuh kembang serta kesehatan janin. Selain itu juga, fungsi lain omega-3 adalah membantu perkembangan otak janin. Bagi Ibu sendiri, nutrisi yang terdapat pada ikan salmon dapat mencegah resiko darah tinggi dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berguna juga untuk menjaga Ibu agar terhindar dari penyakit jantung.

  • Antioksidan di dalam kacang polong

Kacang polong memiliki kandungan protein, zat besi, asam follat, potasium, magnesium dan asam lemak esensial, yang sangat penting bagi Ibu hamil. Beberapa manfaat dari kacang polong selama masa mengandung adalah mencegah radang sendi dan anemia pada ibu hamil. Kandungan antioksidannya juga bagus menjaga vitalitas tubuh Ibu agar selalu fit dan tetap terjaga kesehatannya.

  • Kandungan vitamin pada ubi jalar

Warna orange pada ubi jalar dihasilkan dari karotenoid yaitu unsur tumbuhan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Selain itu, juga terkandung vitamin C, asam folat dan juga serat yang baik bagi daya tahan tubuh dan kesehatan pencernaan.

  • Biji-bijian yang mengandung serat

Biji-bijian kaya akan serat dan nutrisi, antioksidan, vitamin E mineral serta selenium. Bagus untuk melindungi sel-sel dalam tubuh Ibu dan menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

  • Menjaga pola tidur dengan kenari

Kenari merupakan pilihan makanan yang kaya akan omega-3. Sebagai salah satu jenis biji-bijian, kenari juga memiliki kandungan protein dan serat. Bagi ibu hamil, kenari dapat membantu menjaga pola tidur, kondisi jantung hingga mengurangi resiko alergi.

  • Yogurt dengan kandungan kalsium

Yogurt biasanya mengandung protein dua kali lipat dari susu biasa. Juga mengandung kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang ibu selama masa kehamilan. Tidak hanya bagi ibu, janin dalam kandungan juga dapat merasakan manfaat kalsium yang membantu proses pembentukan tulangnya.

  • Daging merah tanpa lemak

Daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat dibutuhkan selama hamil. Protein ini membantu selama pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Namun, untuk mengurangi efek samping dari lemaknya, akan lebih baik jika ibu hamil mengkonsumsi daging tanpa lemak. Lemak berlebih dapat meningkatkan berat badan, karena lemak tidak langsung diproses oleh tubuh melainkan disimpan sebagai cadangan makanan.

buah yang baik untuk ibu hamil

Source: pixabay.com

  • Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap seperti bayam, kangkung, sawi, selada dan yang lain, sangat bagus untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin. Nutrisi yang terdapat dalam sayuran ini adalah zat mineral, vitamin K, vitamin A, serta folat.

  • Buah dan sayuran berwarna

Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah berwarna hijau, merah, orange, kuning, ungu, dapat membantu memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan Ibu dan juga janin yang berada dalam kandungan. Dalam aneka buahan ini banyak mengandung mineral, vitamin, asam folat, kalsium, beta-karoten serta kalium.

Inilah 10 makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu pada saat hamil. Semoga dapat membantu memilih asupan yang tepat bagi kehamilan Ibu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*